Orang Tua Keluhkan Sistem Kelulusan PPDB, None: Mungkin Belum Paham

434
  • 3
    Shares
Irman Yl
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online telah diumumkan Dinas Pendikan (Disdik) Sulsel di website e-Panrita, kemarin, Kamis, (28/06/2018).

Namun sejumlah orang tua siswa mendatangi Kantor Disdik Sulsel untuk menyampaikan beberapa keluhan, seperti mempertanyakan pengumuman yang menurut mereka tidak sesuai.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo menyebut masyarakat belum terlalu paham dengan mekanisme kelulusan di PPDB online yang menggunakan sistem peringkat nilai.

“Intinya tidak paham tentang sistem peringkat nilai, di mana nilai tertingginya di situ dia bersekolah, kan 3 sekolah. Dia lihat sekolah di mana paling rendah nilainya, dia kasih cocok sama ini nilai tingginya, padahal dia tertinggi di sekolah lain,” terang None, Jumat (29/6/2018).

Sebelumnya, salah seorang wali siswa bernama Masdir menyampaikan keluhannya. Dia mendaftarkan anaknya di SMAN 2 Makassar melalui jalur akademik dengan kuota sebanyak 70 orang.

Skoring anaknya yang bernama Dwi Suci masuk dalam range siswa yang lulus dengan nilai 433 poin. Seharusnya Suci berdada di urutan 43. Namun di sistem, namanya tidak ada. Di urutan 42, skoring yang siswa lulus 434. Di bawahnya langsung terinput siswa dengan skoring 432.

“Berarti dia di sekolah lain. Begitu memang sistemanya. Beda dulu, pakai rangking karena (daftar) satu sekolah, ini tiga sekolah. Dia mencari yang paling besar nilainya,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Orang Tua Keluhkan Sistem Kelulusan PPDB, None: Mungkin Belum Paham 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga