Jagoan Dua Mantan Gubernur Sulsel Keok, Faktor Ketokohan Mulai Pudar?

299
  • 39
    Shares
Whatsapp Image 2018 06 27 At 16.30.40
Prof Andalan sementara unggul dari semua rivalnya dalam hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei di Pilgub Sulsel yang digelar hari ini, Rabu (27/6/20178).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pilgub Sulsel telah melahirkan pemimpin baru, beberapa lembaga survei telah merilis hasil quick count (hitung cepat) dan memenangkan pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) sebagai pemenang Pilgub.

Namun yang menarik dari pertarungan Pilgub Sulsel, adalah keterlibatan sejumlah tokoh berpengaruh dalam memainkan irama politik di Sulsel. Salah satunya adalah mantan gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo.

SYL, terlibat langsung untuk memenangkan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), hanya saja jagoannya itu finish di urutan ketiga, di bawah pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) dan Prof Andalan.

“Tentu pesona dan pengaruh elektoral SYL tidak lagi sama ketika masih menjadi gubernur. Apalagi sikap politik SYL berbeda dengan pilihan partai NasDem,” kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Makassar, Luhur Prianto, Jumat (29/6/2018).

Menurut Luhur, suara signifikan yang diraih oleh pasangan Prof Andalan di Pilgub, membuktikan SYL efek yang selama ini dikenal sangat kuat, mulai tergerus.

“Ada perubahan pada SYL effect. Kekuatannya pada infrastruktur partai politik dan birokrasi semakin terdegradasi,” ucapnya.

Ia pun membandingkan dengan tokoh nasional di belakang pasangan Prof Andalan lebih memiliki kekuatan, sehingga tak mampu ditaklukan oleh SYL.

“Tokoh nasional di belakang operasi elektoral NA terbukti lebih digdaya untuk langgam politik Sulawesi Selatan,” ujar dia.

Selain SYL, mantan Gubernur Sulsel lainnya, yaitu Amin Syam juga terlibat aktif dalam kontestasi politik lima tahunan itu di Sulsel.

Bedanya, Amin Syam berada dibarisan pemenangan pasangan NH-Aziz. Bahkan Amin Syam sempat menyampaikan orasi politik pada saat kampanye Akbar NH-Aziz di Karebosi.

Sama dengan SYL, jagoan Amin Syam, NH-Aziz juga keok di Pilgub. Padahal, NH-Aziz diusung partai sekaliber Golkar dan sejumlah partai besar lainnya.

Penulis: Ramdhan Akbar
Editor: Hendra Wijaya