Real Count KPU, NasDem Menangkan 10 Pilgub, PDIP Keok

384
  • 3
    Shares
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat memberikan orasi politik di acara Dialog Kebangsaan di Hotel Grand Clarion Makassar, Sabtu (25/3/2017). (Sulselsatu.com/Kink Kr)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pilkada Serentak 2018 telah usai. Hasilnya bisa dibilang di luar dugaan.

Partai NasDem memenangkan 10 Pilgub atau yang terbanyak dari 17 provinsi yang menggelar Pilkada. Sementara, PDIP yang notabene pemenang Pemilu 2014 keok di 11 provinsi.

Dilansir kumparan, Partai NasDem berhasil menang di 10 provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Di bawah NasDem, partai besutan Zulkifli Hasan alias PAN menduduki posisi kedua sebagai partai yang paling banyak meraup suara. Partai ini, berhasil menang di 9 wilayah, antara lain Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Sementara itu, Partai Hanura menjadi partai nomor tiga dengan jumlah wilayah yang berhasil menyabet suara di 8 provinsi. Kedelapan provinsi itu yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, NTT, dan Maluku.

Partai Golkar menjadi partai nomor 4 yang meraih kemenangan di pilgub. Partai berlambang pohon beringin ini, menang di 7 wilayah antara lain Sumatera Utara, Lampung, Jawa Timur, Kalimantan Barat, NTT, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Selanjutnya, di pilgub kali ini, ada 2 partai yang menang di enam wilayah, yakni PKS dan PPP dengan wilayah yang berbeda-beda. Sementara itu, PDIP berada di bawah kedua partai tersebut dengan berhasil meraup suara di lima provinsi.

Di posisi dua terbawah, ada partai Geridra yang hanya menang di 4 provinsi dan Partai Demokrat, di 3 provinsi. Partai Gerindra, berhasil meraih kemenangan di sejumlah provinsi seperti Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Maluku, dan Papua.
Sedangkan Partai Demokrat, berhasil mengantongi suara terbanyak Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB.

Editor: Awang Darmawan

Real Count KPU, NasDem Menangkan 10 Pilgub, PDIP Keok 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga