Wakili Barru, Dua Sanggar Unjuk Kebolehan di Festival Kesenian Bali 2018

123
  • 19
    Shares
Tari Barru
Sanggar seni Barru. (Sulselsatu/Asriadi)

SULSELSATU.com, BARRU– Dua sanggar di Barru, yakni Sanggar Bolong Ringgi dan Sanggar To Berru akan tampil pada Festival Kesenian Bali 2018 awal Juli mendatang.

Pelatih Tari di Barru, Nasdir Rafli menyatakan keikutsertaan dua sanggar ini sebagai perwakilan Barru pada event Internasional tersebut. Rencananya tim ini akan menampilkan enam tari etnik Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

“Kami wakili Barru pada event tari dunia ini, Pesta Kesenian Bali merupakan agenda tahunan pemprov Bali yang telah terselenggara selama 40 tahun dan Alhamdulillah kita didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barru,” Kata Nasdir, Kepada Sulselsatu.com, Sabtu (30/6/2018).

Lebih lanjut, Nasdir menyebut enam tari etnik akan dibawakan dengan Midlay (nonstop) selama1.5 Jam. Sebanyak 30 orang akan diberangkatkan, Terdiri atas penari, pemusik, penata tari, penata musik, penata rias, penata kostum, dan penata artistik.

“Sesuai jadwal tampil yang ada tanggal 2 Juli 2018, Kita akan tampilkan enam tari, Tari Ma’bissa Lobo’ (etnis Bugis), Tari Tomepare ( Ernis Toraja), Tari Pattennung (Bugis), Tari Paddennuang ( Bugis), Tari I Mangkawani  ( Bugis), Tari Ma’bulo Sibatang ( 4 etnis : Bugis – Makassar – Toraja – Mandar). Kira-kira durasi waktu tampilnya sekitar 90 menit,” tambahnya

Nasdir bersyukur, Kabupaten Barru bisa tampil diacara tersebut. Karena baginya, acara festival ini diikuti 1000 seniman nasional dan internasionl, bahkan berlangsung selama sebulan penuh dan dibuka langsung oleh presiden RI Jokowi sejak 23 Juni 2018 kemarin.

Penulis: Asriadi

Editor:  Alam Malik

Wakili Barru, Dua Sanggar Unjuk Kebolehan di Festival Kesenian Bali 2018 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga