KPU Barru Gelar Pemilihan Suara Ulang di TPS 9

90
  • 2
    Shares
Img 20180701 Wa0105

SULSELSATU.com, BARRU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru gelar Pemilihan Suara Ulang (PSU) di TPS 9, Lingkungan Mattirowalie, Kelurahan Tuwung, Kecamatan Barru, Minggu (1/7/2018).

Divisi Hukum dan Sosialisasi serta Pendidikan Masyarakat KPU Barru, Lilis Suryani, mengatakan jika hari ini dilakukan pemilihan ulang atas temuan panwas terhadap adanya pemilih yang menggunakan hak suara sebanyak dua kali (pemilih ganda) pada pemilihan gubernur kemarin.

“Hal ini diatur jika terdapat pemilih yang menggunakan pencoblosan ganda maka PSU harus dilaksanakan dalam jangka waktu 4 hari setelah pemilihan sesuai aturan PKPU dalam pasal UU No. 10 pasal 122 ayat 2 Huruf D dan PKPU No. 8 Pasal 59 Huruf D untuk pemilihan ulang,” kata Lilis

Lebih lanjut, komisioner dua periode ini menuturkan adanya perbedaan dengan pemilihan sebelumnya telah diatur berdasarkan aturan PKPU nomor 8 tahun 2018.

“Pemilihan ulang kali ini punya pembeda dengan pemilihan sebelumnya, dalam aturan PKPU nomor 8 tahun 2018 pasal 61 ayat 1 hingga ayat 4,” ujar Lilis.

Seperti yang diutarakan Panwaslu Barru, dua pemilih yang menggunakan pemilihan ganda, atas nama Hamrullah yang menggunakan hak suaranya sendiri dan hak suara yang dimiliki tantenya atas nama Maneria, sedangkan yang satu pemilih atas nama Sitti Rohani menggunakan hak pilihnya tiga kali, satu atas nama pribadinya dan dua atas nama orang tuanya bernama Lahade dan Ibecce.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Kink Kusuma Rein

KPU Barru Gelar Pemilihan Suara Ulang di TPS 9 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga