Ini Cara Bersihkan Smartphone dari Bakteri dan Virus

66
  • 2
    Shares
Smartphone

SULSELSATU.com – Suka tidak suka, telepon selular atau smartphone  tergolong salah satu benda rawan “penyimpan” kuman, virus, baksil dan penyakit.  Coba saja hitung, berapa kali dalam sehari Anda melakukan touch screen, lalu apakah tangan dijamin bersih saat itu, dan dalam situasi seperti apa  sekelilingnya. Bisa di luar ruangan sampai dalam kondisi ekstrem penuh debu, bukan?

Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah membersihkan smartphone secara rutin.  Dan nilai plus bakal didapat Anda: meminimalkan risiko gadget kesayangan sebagai penyimpan kuman, menjaga tampilannya anti dekil, serta optimal operasionalnya.

Sebelum melakukan langkah pembersihan smartphone, siapkan dulu alat-alat seperti tusuk gigi, kain microfiber, peniup debu atau vacuum mirip pembersih lensa kamera digital, serta cairan pembersih layar.

Langkah pertama adalah mengusap smartphone dengan kain microfiber. Lakukan secara perlahan hingga tidak ada debu yang menempel di layar. Jangan lupa, usap bagian belakang ponsel juga.

Selanjutnya, ambil alat peniup debu dan pompa udara ke berbagai port yang terdapat di smartphone untuk mengeluarkan kotoran-kotoran dari sana.

Jika merasa alat peniup debu kurang efektif, gunakan sebatang tusuk gigi. Gunakan alat ini untuk mencongkel kotoran sisa di sela-sela port. Namun pastikan, Anda melakukannya secara perlahan. Bisa tambahkan secuil kapas untuk mengurangi ketajaman bagian tusuk gigi.

Terakhir, gunakan cairan pembersih. Caranya adalah membasahi bodi dan layar ponsel dengan cara menyemprotnya. Lalu, keringkan dengan kain microfiber.

Editor : Agung Hidayat