Kebutuhan Laki-laki Penyumbang Terbesar Inflasi Juni 2018

26
  • 2
    Shares
Bps Sulsel
Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam bersama dengan Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal saat siaran resmi BPS Sulsel. (Sulselsatu/Sri Wahyudi Astuti)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Provinsi Sulsel mengalami inflasi sebesar 0,94 persen. Hal tersebut tercermin pada lima kabupaten/kota acuan Sulsel yang seluruhnya mengalami inflasi.

Inflasi tertinggi terjadi pada Kota Palopo yang sebesar 1,44 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 133,43. Dan, untuk inflasi terendah terjadi pada Bulukumba yang sebesar 0,59 persen denfan IHK 140,64.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal, menjelaskan jika penyumbang inflasi terbesar berasal dari kelompok sandang yang sebesar 1,95 persen.

“Pada kelompok sandang ini lebih besar sumbangsih inflasinya dari pembelian baju kaos baik yang berkerah maupun tidak. Kebutuhan laki-laki paling mendominasi inflasi pada kelompok sandang,” ungkapnya, Senin (2/7/2018).

Peningkatan ini juga terjadi, kata Akmal karena berbarengan dengan momen lebaran. Membeli keperluan lebaran 2018.

Selanjutnya, tambah Akmal kelompok yang juga paling besar menyumbang inflasi adalah bahan makanan yang sebesar 1,70 persen. Ketiga adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 1.06 persen.

“Kelompok bahan makanan ini seperti mie instan yang siap saji paling besar. Mie memiliki andil inflasi Juni 2018 sebesar 0,0611 persen,” pungkas Aklmal.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga