Naik Lagi, Harga Pertamax Jadi Rp 9.700 per Liter

25
  • 1
    Share
Ilustrasi. (Sulselsatu/Moh. Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pertamina kembali menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi. Di Sulsel, jenis BBM yang mengalami peningkatan adalah Pertamax dan Dexlite.

Unit Manager Communication and CSR Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, M Roby Hervindo mengatakan jika kenaikan harga BBM jenis Pertamax sudah yang kedua kalinya.

“Awal Juli 2018, kenaikan BBM jenis Pertamax merupakan yang kedua kali yaitu naik sebesar Rp 600, dimana dari harga Rp 9.100 menjadi Rp 9.700 per liter,” ungkapnya, Senin, (2/7/2018).

Sementara untuk BBM jenis Dexlite mengalami kenaikan harga sebesar Rp 950. Dimana harga sebelumnya sebesar Rp 8.250 menjadi Rp 9.200 per liter.

Kenaikan tersebut berlaku pada 1 Juli 2018.

Sedang jenis BBM yang mengalami penurunan, kata Roby adalah Pertamax Turbo turun sebesar Rp 400 dan Pertamina Dex Rp 800. Jenis BBM jenis Pertalite, Premium, dan Solar subsidi tidak mengalami perubahan.

“Kami percaya kenaikan ini tidak berpengaruh banyak pada pola konsumsi. Karena konsumen Pertamax adalah segmen konsumen yg tidak terlalu sensitif pada harga. Konsumen Pertamax adalah pengguna setia,” kata Roby.

Roby merinci konsumsi Pertamax di Sulsel sejak 2017 terus meningkat, rerata sekitar 8 persen. Meskipun menurutnya, sejak 2017 telah terjadi beberapa kali penyesuaian harga.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan