Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Innalillah, Putri Karen Pooroe Meninggal Dunia Terjatuh dari Apartemen

SULSELSATU.com - Anak Karen Pooroe atau Karen Idol meninggal dunia akibat terjatuh dari balkon apartemen, Sabtu (8/2/2020). Apartemen tersebut merupakan tempat suami Karen Idol tinggal. Saat...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...
Sulselsatu

Sebelum Dipilih Bupati, Tiga Calon Sekda Barru Akan Diserahan ke KASN

SULSELSATU.com, BARRU - Tahapan lelang jabatan Sekretaris Kabupaten Barru kini sedang menunggu hasil nilai dari assessment center. Kepala BKDSDM Barru Nasruddin Yake mengatakan saat ini...
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Kedapatan Selingkuh dengan Janda, Oknum Polisi di Jeneponto Dilaporkan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Oknum anggota Polres Jeneponto, Bripka SY mendadak viral setelah videonya diupload ke facebook oleh istrinya sendiri. Dalam video tersebut, oknum SY tertangkap...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Produk Unggulan Sulsel Dipamerkan di Harmony of Indonesia

SULSELSATU.com, ​BERN - Trade Expo and Cultural Performances Harmony of Indonesia Waisenhausplatz, Bern, digelar Sabtu, 29 September 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia...

Baca Juga

Sulselsatu

Bupati Lutra Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI di HPN Banjarmasin

SULSELSATU.com, BANJARMASIN - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendapat penghargaan bertaraf nasional dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Sabtu (8/2/2020). Penghargaan dalam rangka Hari...
Sulselsatu

PPP Sah Usung Askar-Pipink di Pilkada Bulukumba

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPW PPP Sulsel menyerahkan surat rekomendasi ke bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Askar HL-Arum Spink pada perayaan hari jadi...
Sulselsatu

Dishub Sebut Bajaj di Makassar Ilegal

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Humas Dinas Perhubungan Kota Makassar, Asis Sila mengatakan bajaj atau bemo yang beroperasi di beberapa ruas jalan di Kota Makassar tidak...
Sulselsatu

DPRD Parepare Sosialisasikan Perda Tentang Keolahragaan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare mensosialisasikan Perda Nomor 12 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan di Hotel Pare Wisata, Parepare,...

TERKINI

Sulselsatu

Bupati Barru Resmi Tutup MTQ ke-34 di Masjid Agung

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh resmi menutup rangkaian Musabaqah...
Sulselsatu

Ini Dua Tanaman yang Disebut Bisa Atasi Insomnia

SULSELSATU.com - Begitu banyak orang mengalami gangguan kesulitan tidur pada malam...
Sulselsatu

DPRD Parepare Sosialisasikan Perda Tentang Keolahragaan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare mensosialisasikan...
Sulselsatu

Masih Jomblo, Ini Doa Mendapatkan Jodoh

SULSELSATU.com - Bagi Anda yang masih belum memiliki pasangan hidup alias...
Sulselsatu

Ini Pesan Ketum PPP ke Adnan-Kio dan Askar-Pipink

SULSELSATU.com, GOWA - Partai Persatuan Pembangunan telah memberikan surat rekomendasi kepada...
Sulselsatu

UIN Alauddin Gelar Coaching Clinic Borang Akreditasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Coaching Clinic Borang Akreditasi yang dilaksanakan oleh Lembaga...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Emak-Emak Curi Tas di Mal Panakkukang Makassar Terekam CCTV

SULSELATU.com - Seorang emak-emak terekam CCTV melakukan pencurian di Mall Panakkukang, Jalan Boulevard, Kota Makassar. Ia mengambil sebuah tas di salah satu toko di Mall...