iklan Kareba Parlementa

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Wagub Paparkan Penanganan Covid-19 Bersama Delapan Provinsi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Presiden menginstruksikan untuk memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di delapan provinsi. Dengan harapan, provinsi yang menjadi prioritas dan daerah dengan zona risiko...

VIDEO: Ospek Online Unesa, Videonya Viral

  SULSELSATU.com - Ospek mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara online viral di media sosial. Video tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Demo Germak di Barru Ricuh, 1 Mobil Pecah dan Seorang Polisi Terluka

SULSELSATU.com, BARRU - Demontrasi yang dilakukan Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Germak) Berlangsung Ricuh. Dari pantauan Sulselsatu.com, Kehadiran para demonstrasi ini sebelumnya berangkat dari Makassar, beberapa...

Sedang Diet! Hindari Sarapan Pisang

SULSELSATU.com - Ladies yang sedang melakukan program diet, entan sudah sukses...

Artikel Lainnya

5 Manfaat Air Lemon Bagi Ibu Menyusui

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketika menyusui, Anda perlu mengonsumsi makanan bergizi demi...

Jaga Kerukunan, Husler Undang Seluruh Etnik Buka Puasa Bersama

SULSELSATU.com, LUTIM - Kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus...

Dugaan Korupsi APBD, Kejati Sulselbar Periksa Sejumlah Kepala OPD Sulbar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi Sulawesi...

Surya Paloh Akan Pimpin Langsung Konsolidasi Pemenangan Pilkada di Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel akan...

Anthony Martial Isyaratkan Hengkang dari Manchester United

SULSELSATU.com - Tekad Anthony Martial untuk meninggalkan MU semakin besar. Ia...

Terkini

VIDEO: Bikin Heboh, Pria Ini Pakai Ular Sebagai Masker

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang lansia melilitkan ular ke lehernya...

VIDEO: Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)...

Pilkada 2020, DKPP Catat 98 Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencatat sebanyak 98...

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar...

Dit Polairud Polda Sulsel dan Sat Polair Polres Jajaran Siapkan Internet Gratis untuk Belajar Daring

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda, membuat...