Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

...
Sulselsatu

Surya Paloh Bakal Beri Penghargaan untuk Pria Pembuat Pesawat Asal Pinrang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh direncanakan akan memberikan penghargaan ke pria pembuat pesawat asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Penghargaan itu akan...
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

KPU Barru Buka Pendaftaran PPK, Catat Jadwal dan Syaratnya

SULSELSATU.com, BARRU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru akan membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Hujan Salju di Arab Saudi

SULSELSATU.com - Pemandangan langka terjadi di Tabuk, Arab Saudi. Wilayah barat laut Arab Saudi tiba-tiba diguyur hujan salju. Padahal, wilayah itu terkenal dengan gurun pasirnya. Video...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

Kades Je’netallassa Jeneponto Wacanakan Buka Penjaringan Calon Aparat Desa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepala Desa Je'netallassa, Kecamatan Rumbia, Basir Suaming mengaku akan membuka penjaringan untuk calon aparat di desanya. "Insyaallah bulan ini kita akan melakukan...
Sulselsatu

Pengesahan Kartu Ujian CPNS Barru Dilakukan Awal Februari

SULSELSATU.com, BARRU - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Barru kini harus bersiap untuk melakukan pengesahan kartu ujian setelah lulus administrasi. Pemkab Barru akan melakukan...
Sulselsatu

FOTO: Jumlah Kendaraan di Sulsel Meningkat 31 Persen

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Selasa (18/9/2018). Pada triwulan I 2018 kendaraan baru di Sulsel sebanyak 51.016 unit,...

Baca Juga

Sulselsatu

Nurdin Abdullah Buka RUPS Luar Biasa Bank Sulselbar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, membuka Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Tahun 2020 PT. Bank Sulselbar, di Jasmine Ballroom,...
Sulselsatu

Tiba Lebih Awal, Kapal Pesiar MS. Europa Sandar di Pelabuhan Nusantara Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kapal Pesiar MS. Europa sandar lebih dini dari jadwal yang ditetapkan di Pelabuhan Nusantara. Ini disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan...
Sulselsatu

Rokok hingga Mi Instan Jadi Penyebab Kemiskinan di Indonesia

SULSELSATU.com, JAKARTA - Rokok kretek filter masuk dalam salah satu komoditas yang berkontribusi besar terhadap garis kemiskinan di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik...
Sulselsatu

Sidang Pemakzulan Trump di Senat Mulai Bergulir Selasa Pekan Depan

JAKARTA - Senat Amerika Serikat (AS) berencana mulai menggulirkan sidang pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump pada Selasa pekan depan. Ketua fraksi Republik di Senat, Senator...

TERKINI

Sulselsatu

BKPSDM Parepare Bakal Tindak Tegas PNS Malas

SULSELSATU.com, PAREPARE - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM)...
Sulselsatu

Suhartina Bohari Kunjungi Korban Kebakaran di Maros

SULSELSATU.com, MAROS - Sikap empati ditunjukkan bakal calon wakil bupati Maros,...
Sulselsatu

Wawali Parepare Sidak Disiplin Pegawai Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas 

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim didampingi sekretaris...
Sulselsatu

Menkes Buka Peluang Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto membuka peluang...
Sulselsatu

Golkar Ingin Pemprov Libatkan YOSS Kelola Stadion Mattoanging

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD I Golkar partai Golkar berkomitmen melakukan pengawasan...
Sulselsatu

Pemprov Bakal Lakukan Moderninsasi RPH Tamangapa

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melakukan rapat...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Bupati Jeneponto Lantik 30 Kades Terpilih, Dua Ditunda

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar melantik 30 orang kepala desa terpilih pada Pilkades Serentak 4 November lalu. Seharusnya 32 kades terpilih yang dilantik,...