iklan Kareba Parlementa
Sulselsatu
Sulselsatu
iklan Kareba Parlementa

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan bijak menentukan menu makanan setiap harinya.

Tak hanya seminggu dua minggu, banyak yang melakukannya bahkan hingga berbulan-bulan! Padahal, ada menu diet yang sehat dan tak perlu dilakukan berlama-lama, melainkan hanya seminggu.

Tak hanya berdampak baik bagi kesehatan, menu diet seminggu ini juga manjadi faktor penentu dalam menurunkan berat badan.

Prinsipnya menu diet seminggu yang dimaksud harus memiliki unsur-unsur yang sehat, seperti kaya serat, mengenyangkan, mencegah badan menjadi gemuk, dan menurunkan kadar kolesterol. Mau tahu apa saja menunya?

Yuk, simak menu diet seminggu yang ampu dan menyehatkan berikut ini:

Senin
Roti gandum, menu ini cocok untuk sarapan maupun makan siang. Pasalnya, roti gandum dapat mengenyangkan perut Anda dalam waktu lama. Tak hanya itu, roti gandum terbuat dari biji-bijian murni yang juga kaya akan nutrisi dan serat. Untuk menambah rasa, Anda bisa mengolesinya dengan selai kacang yang tak kalah menyehatkan.

Buah tomat, meskipun rasanya bukan kegemaran setiap orang, namun buah tomat kaya akan vitamin A, C, dan K, serta zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi penyedap makanan.

Oatmeal, menu ini dapat Anda tempatkan sebagai sarapan, makan siang, maupun makan malam. Dengan kandungan serat, karbohidrat, dan mineralnya, oatmeal bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi yang tidak lekas membuat lapar.

 Selasa
Menu diet seminggu di hari selasa yang pertama bisa Anda konsumsi adalah nasi merah, satu lagi pengganti nasi yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat Anda tanpa membuat lapar dengan cepat. Nasi merah kaya akan serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan Anda.

Jus jambu, untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin hari ini, Anda membutuhkan asupan buah. Anda bisa mendapatkannya di buah jambu, yang juga bagus untuk peredaran darah.

Orak-arik sayur, untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu Anda harus berhati-hati agar menu sayuran ini tetap rendah lemak. Karenanya, gunakan lah minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk memasaknya.

Rabu
Daging rendah lemak, hari ini izinkanlah perut Anda untuk mencicipi daging. Jika diolah dengan bahan yang rendah lemak, daging justru bagus untuk kesehatan karena kaya akan protein nabati.

Buah pisang, untuk memenuhi kebutuhan buah hari ini, konsumsilah buah pisang yang juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Di samping itu, pisang juga mengenyangkan dan tidak cepat membuat Anda lapar.

Buncis dan wortel, penuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral Anda dengan mengonsumsi kedua sayuran ini sebagai menu diet seminggu di hari rabu ini.

Kamis
Kentang, dapat menjadi pengganti nasi. Anda dapat mengolah panganan kaya karbohidrat ini dengan cara direbus hingga lembut.

Jus alpukat, penuhi kebutuhan asupan buah harian Anda dengan jus alpukat. Tak hanya dijus, buah kayak mineral dan vitamin ini juga dapat Anda makan langsung dengan menumbuknya di dalam gelas.

Salad, racik semangkuk salad penuh dengan sayur-sayuran yang Anda inginkan, jangan lupa bumbui dengan minyak zaitun.

Jumat
Susu, bisa Anda terapkan sebagai penggantisarapan, lho. Anda bisa minum segelas susu murni dengan didampingi roti atau biskuit.

Singkong, merupakan salah satu yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Menu kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda dalam jumlah sedikit.

Jus melon, untuk memenuhi kebutuhan buah, vitamin, dan mineral harian Anda, konsumsilah jus melon, atau buah melon secara langsung.

Sabtu
Yoghurt, bisa Anda konsumsi saat sarapan ataupun malam hari sebelum tidur. Menu ini kaya akan protein.

Jagung, konsumsi bahan pangan ini sebagai pengganti nasi, dengan cara merebus atau mengkukusnya. Anda juga dapat membuat sweet corn dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.

Jus jeruk, untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda.

Minggu
Menu diet seminggu pada hari minggu ini Anda dapat mengonsumsi pancake buah, di hari libur ini Anda dapat memanjakan diri dengan mengonsumsi pancake buah. Selain mengenyangkan, pancake buah juga mampu memenuhi berbagai kebutuhan vitamin, mineral, dan serat Anda.

Ubi jalar, cobalah pula menu ini sebagai pengganti nasi putih saat makan siang atau malam. Pasalnya, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Nah, itu dia menu diet seminggu yang menyehatkan sekaligus memenuhi seluruh kebutuhan tubuh Anda akan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Anda dapat pula mengutak-atik menu diet seminggu ini sesuai dengan kesukaan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi menu yang sama dalam 2-3 hari dalam seminggu, ya! Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menu diet mayo demi berat badan turun maksimal.

Iklan PDAM
...
Sulselsatu

Data Terbaru, 35 Orang Positif Covid-19 di Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kasus Positif Covid-19 di Jeneponto terus mengalami peningkatkan. Juru Bicara Gugus Tugas Jeneponto, Mustaufiq didampingi Plt Kadinkes Jeneponto, Susanti, Senin (29/6/2020) mengatakan,...
Sulselsatu

Pasien Positif Covid-19 Meninggal di RSUD Latopas Jeneponto

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Satu orang pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan insial F (63) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Darah (RSUD) Lanto Dg...
Sulselsatu

Disdik Makassar Akui Persiapan Pendaftaran PPDB Sudah Rampung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar mengaku telah merampungkan Persiapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020-2021 yang dilakukan secara Online atau dalam...
Sulselsatu

Seks Anal Bisa Sebabkan Kehamilan? Begini Kata Pakar

SULSELSATU.com - Ada sebuah kecenderungan pasangan melakukan seks anal alias penetrasi Mr P ke anus perempuan. Pertanyaannya, mungkinkah seks anal mengakibatkan kehamilan. Dr Mary Jane...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Video Pelajar Diduga Mesum Beredar, Ini Klarifikasi Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Video pelajar SMK yang diduga mesum di Kota Parepare beredar dan sempat viral. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, di...
Sulselsatu

Seorang Staf Dinas Kesehatan Sinjai Dinyatakan Positif Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sinjai bertambah lima orang. Hal tersebut diungkapkan oleh Juri Bicara Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sinjai, Irwan...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...
Dinas Pendidikan
Sulselsatu

GALERI FOTO: Hipma Gowa Demo Tolak Kenaikan BBM

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah mahasiswa dari Himpunan Pelajar Mahasiswa (Hipma) Gowa melakukan aksi tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di perbatasan Gowa-Makassar, Jumat...

Baca Juga

Sulselsatu

Kemenkeu Masukkan RUU Redenominasi dalam Prolegnas, Rp1000 Jadi Rp1

JAKARTA - Pemerintah kembali berupaya melakukan penyederhanaan mata uang rupiah atau redenominasi. Penyederhanaan ini umpama Rp1000 menjadi Rp1. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan...
Sulselsatu

Dishub Parepare Terapkan Physical Distancing di Petepete

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dinas Perhubungan Kota Parepare terus melakukan pembenahan memasuki new normal pada sektor transportasi darat khususnya mobil petepete, mobil angkutan umum dalam...
Sulselsatu

SYL Sebut, Kalung Antivirus Corona Diproduksi Massal Agustus 2020 Mendatang

SULSELSATU.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan kalung 'antivirus' Corona akan diproduksi massal Agustus 2020. Ia mengklaim kalung buatan Badan Penelitian...
Sulselsatu

Ayah Petarung UFC Khabib Nurmagomedov Meninggal Dunia

JAKARTA - Pelatih ternama MMA, Abdulmanap Nurmagomedov dilaporkan meninggal dunia. Ayah dari juara dunia kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Nurmagomedov itu dikabarkan...

TERKINI

Sulselsatu

BaKTI Apresiasi Komitmen Pemkot Parepare Implementasikan SDGs

SULSELSATU.com, PAREPARE - Yayasan BaKTI melalui program MAMPU yang intens melakukan...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Mengaku Yahudi, Perempuan Ini Lempar dan Ancam Robek Al-Quran

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang wanita melempar kitab suci Al...
Sulselsatu

Seorang Balita di Sinjai Positif Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Jumlah kasus yang terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Kebakaran Terjadi di Jalan Beringin Timur Makassar

SULSELSATU.com - Kebakaran terjadi di Jalan Beringin Timur, Kota Makassar, Kamis...
Sulselsatuvideo

VIDEO: 11 Orang Tewas Saat Jarah Minyak dari Truk Tangki BBM yang Terguling

SULSELSATU.com - Sebuah truk tangki bahan bakar minyak (BBM) meledak di...
Sulselsatu

Rapid Test Menanti Bagi Warga Makassar yang Tak Pakai Masker di Tempat Umum

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Usaha melandaikan penyebaran virus Covid-19 di Kota Makassar...
Sulselsatuvideo

VIDEO: KPK Tetapkan Hakim Tipikor Medan Sebagai Tersangka

SULSELSATU.com, JAKARTA - Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Medan, Merry Purba telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, atas penerimaan...