Dramatis, Belgia Kalahkan Jepang di Babak 16 Besar Piala Dunia

157
  • 3
    Shares
Ea1a4df1 Fea4 4b6e B00c C169e5859e37

SULSELSATU.com – Hasil dramatis mewarnai babak 16 Besar Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Belgia dan Jepang pada, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB. Sempat tertinggal 0-2, Belgia membalikkan keadaan dan menyingkirkan Jepang dengan skor 3-2.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama dalam pertandingan yang berlangsung di Rostov Arena, Rusia.

Mentalitas para pemain Belgia patut diacungi jempol karena mampu mengejar kertertinggalan dua gol dari anak-anak Samurai Biru yang tampil mengejutkan.

Jalannya Pertandingan
Jepang mengawali pertandingan dengan baik. Anak asuh Akira Nishino mendominasi pertandingan dan cukup membuat repot barisan pertahanan Belgia.

Belgia sendiri tampak kesulitan menembus benteng pertahanan yang dijaga rapat oleh kuartet Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, dan Yuto Nagatomo.

Peluang pertama Belgia tercipta di menit 15. Namun, sepakan keras kaki kiri Axel Witsel dari luar kotak penalti hanya menghasilkan sepak pojok setelah membentur kaki pemain Jepang.

Begitu pula dengan tendangan kaki kanan bomber haus gol mereka, Romelu Lukaku, yang masih bisa diblok oleh Nagatomo, eks pemain Inter Milan yang kini merumput di Liga Turki bersama Galatasaray.

Di pertengahan babak pertama, kedua negara silih berganti mendominasi permainan. Di menit 30, Jepang nyaris menjebol gawang Belgia.

Beruntung, kiper Thibaut Courtois dengan tenang mampu menyelamatkan gawangnya, menangkap bola hasil sundulan Takashi Inui hasil umpan tarik rekannya dari sisi kiri.

Menit 44, Courtois nyaris lakukan blunder setelah bola mendatar hasil sepakan Nagatomo kurang sempurna diamankannya.

Skor tanpa gol di babak pertama laga Belgia versus Jepang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum.

Balikan Ketertinggalan
Di babak kedua, Jepang mulai membuat mata penonton terbelalak. Tepatnya saat babak kedua baru berjalan tiga menit.

Berawal dari sebuah serangan balik, Gaku Shibasaki mengirim umpan terobosan ke arah jantung pertahanan lawan. Bek Belgia, Jan Vertonghen gagal memotong bola.

Situasi ini dimanfaatkan Genki Haraguchi yang mengejar bola. Tanpa banyak kesulitan, Haraguchi menjebol gawang Courtois. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Belgia.

Dua menit berselang, Belgia memiliki peluang menyamakan kedudukan. Beruntung bagi Jepang, tendangan Eden Hazard masih diselamatkan tiang gawang.

Gawang Courtois kembali bergetar pada menit 52. Berawal dari kerja sama satu dua dengan Kagawa, Takashi Inui mencetak gol indah dari luar kotak penalti.

Gelandang yang merumput bersama Real Betis di Liga Spanyol ini melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang yang tak mampu diantisipasi Courtois.

Pada menit 61, Lukaku memiliki peluang memperkecil ketertinggalan Belgia, menyambut umpan Thomas Meunier dari sisi kanan. Sayang, sundulannya masih belum menemui sasaran yang tepat.

Gol yang ditunggu-tunggu Belgia pun tercipta delapan menit kemudian. Berawal dari kemelut di depan gawang, Vertonghen menyundul bola ke arah tiang jauh sebelah kiri gawang Jepang.
Penjaga gawang Jepang, Eiji Kawashima, gagal mengantisipasi bola dan membuat skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Jepang.

Para pemain Belgia akhirnya bisa lepas dari tekanan mental setelah Marouane Fellaini mencetak gol penyama kedudukan di menit 74.
Fellaini yang baru masuk menggantikan Dries Mertens pada menit 65, memanfaatkan postur tubuhnya untuk menyundul bola menyambut umpan Hazard dari sisi kiri.

Bola sundulan pemain dengan tinggi 194 cm ini langsung menusuk jala gawang Jepang. Skor pun imbang menjadi 2-2.

Di menit 85, Kawashima membuat dua penyelamatan gemilang. Dia berhasil mementahkan dua peluang emas Belgia. Salah satunya sundulan Lukaku yang berhasil di tip ke belakang gawang.

Gol kemenangan Belgia terjadi di masa injury time. Lewat sebuah serangan balik, Courtois menangkap bola hasil sepak pojok. Lalu dengan cepat melemparkan bola ke Kevin De Bruyne.

Bruyne pun melakukan solo run hingga sepertiga pertahanan Jepang, dan mengirimkan umpan ke Thomas Meunier yang berada di sisi kanan.

Meunier lantas mengirim umpan silang ke jantung pertahanan Jepang yang dengan mudah dikonversi Nacer Chadli menjadi gol di detik-detik akhir pertandingan.

Kemenangan 3-2 ini mengantarkan Belgia ke perempat final Piala Dunia 2018. Di babak 16 Besar, anak asuh Roberto Martinez telah ditunggu Brasil yang beberapa jam sebelumnya menaklukkan Meksiko dengan skor 2-0.

Susunan Pemain Belgia vs Jepang

Belgia (3-4-2-1):┬áThibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco (Nacer Chadli 65′), Thomas Meunier; Dries Mertens (Marouane Fellaini 65′), Eden Hazard; Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi 81′); Genki Haraguchi (Keisuke Honda 81′), Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako
Pelatih: Akira Nishino

Editor : Agung Hidayat