Preveen/Melati Dikalahkan oleh Ganda Hong Kong dengan Tiga Gim

20
  • 4
    Shares
Praveen Jordan Melati Daeva Oktavianti

SULSELSATU.com – Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tak berhasil lolos ke babak dua Indonesia Open 2018 karena meraih hasil minor di babak pertama, Selasa (3/7/2018), di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Melawan pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah, Praveen/Melati gagal memetik kemenangan dan menutup pertandingan skor 21-17, 14-21, 17-21.

Di gim pertama, Praven/Melati mampu mengimbangi permainan lawannya dan unggul terlebih dulu. Serangan yang bertubi-tubi yang dilancarkan oleh Praveen/Melati membuat mereka unggul 11-9 saat interval. Setelah interval, langkah Praveen/Melati semakin tidak terbendung dan berhasil mengakhiri gim pertama dengan skor 21-17.

Di awal-awal gim kedua, Praveen/Melati terlihat mulai nyaman dan mulai menguasai pertandingan karena berhasil memperkecil ketertinggalan dari 0-4 menjadi 4-2. Praveen/Melati bahkan sempat memimpin 7-6, tapi Lee/Chau kembali mengontrol laga dan menutup interval dengan skor 11-7.

Selepas interval, Lee/Chau tambah menggila. Keduanya berhasil memanfaatkan kesalahan-kesalahan lawan. Indonesia memang sempat mencuri satu poin, namun permainan Lee/Chau memaksa mereka pada ketinggalan 12-19.

Satu poin lagi berhasil direbut oleh Lee/Chau karena servis Melati melebar ke luar lapangan. Pertandingan pun harus berlanjut ke gim ketiga karena Lee/Chau berhasil menutup gim kedua dengan keunggulan 21-14.

Gim ketiga menjadi gim penentuan bagi kedua pasangan. Lee/Chau berhasil memetik keunggulan pertama walaupun Praveen/Melati berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Saat kedudukan 3-2 untuk keunggulan tipis Lee/Chau, Praveen/Melati menggiring lawan kepada permainan reli panjang. Walau sempat tampil meyakinkan, reli ini justru dimenangi oleh Lee/Chau karena shuttlecock yang dikirim oleh Praveen tersangkut di net. Skor sementara berubah menjadi 4-2 untuk keunggulan Lee/Chau.

Sempat membalikkan keadaan menjadi 6-4, Praveen/Melati justru melakukan dua eror yang berarti memberikan dua tambahan poin untuk Lee/Chau. Beruntung, pasangan Indonesia ini berhasil mengambil alih pertandingan sehingga bisa kembali memimpin 8-6. Melati kembali membuang angka. Servis yang dilesakkannya jatuh di luar lapangan, kedudukan menjadi 8-7, Lee/Chau mengejar.

Pasangan Hong Kong ini berhasil menampilkan permainan yang memaksa Praveen/Melati melakukan banyak kesalahan. Walaupun sempat tertinggal 7-8, mereka justru berhasil membalikkan keadaan menjadi 11-8.

Praveen/Melati semakin tertekan di awal interval kedua. Dua kesalahan beruntun membikin lawan menambah angka. Yang pertama, servis Melati melebar ke luar lapangan. Yang kedua, Praveen gagal mengembalikan pukulan pendek yang dikirimkan oleh Lee. Skor menjadi 12-8 untuk keunggulan Lee/Chau.

Walau demikian, Praveen/Melati benar-benar belum menyerah. Saat tertinggal 10-14, keduanya meladeni permainan reli panjang yang digagas oleh Lee/Chau. Melakoni permainan cepat, Praveen/Melati bahi-membahu mengembalikan serangan Lee/Chau.

Pasangan Hong Kong ini sempat kewalahan karena Chau terjatuh saat berusaha mengembalikan shuttlecock lawan. Sadar lawannya kekurangan amunisi untuk sementara waktu, Praveen menutup reli panjang dan memperkecil ketertinggalan menjadi 11-14.

Setelah reli panjang itu, Lee/Chau kembali menemukan permainan terbaiknya. Keduanya mengunci permainan Praveen/Melati dan memimpin kedudukan menjadi 17-11. Artinya, keduanya hanya butuh empat poin lagi untuk melangkah ke babak kedua.

Namun, mengharapkan Praveen/Melati menyerah sebelum laga berakhir sama dengan turun lapangan dengan pikiran naif. Walau tertinggal 12-19, keduanya tetap tenang meladeni permainan lawan dan mengubah skor menjadi 16-19.

Sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 17-20, kesalahan servis Melati pada akhirnya kembali memberi keuntungan bagi lawan. Apa boleh buat, Indonesia kembali kehilangan wakil di rumah sendiri. Gim ketiga berakhir dengan skor 21-17 untuk kemenangan Lee/Chau.

Editor : Agung Hidayat

Preveen/Melati Dikalahkan oleh Ganda Hong Kong dengan Tiga Gim 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga