Kalahkan Vietnam, Timnas U-19 Melenggang ke Semifinal Piala AFF

64
  • 1
    Share
Indo U 19
Timnas Indonesia U-19. (INT)

SULSELSATU.com, BANTUL – Timnas Indonesia U-19 berhasil mengamankan tiket ke semifinal Piala AFF U-19 usai menekuk Vietnam dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018).

Satu-satunya gol kemenangan Garuda Nusantara diciptakan Rafly Mursalim pada menit ke-81.

Duel Timnas Indonesia U-19 lawan Vietnam U-19 berjalan monoton di babak pertama. Serangan kedua tim sering menemui kegagalan sebelum memasuki kotak penalti lawan.

Indonesia hanya punya satu peluang saat tendangan Witan Sulaeman melambung di atas gawang. Sama halnya dengan Indonesia, Vietnam juga hanya punya dua peluang bagus ketika tendangan Le Van Nam mampu dimentahkan oleh kiper Indonesia, Le Van Nam.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Indonesia U-19 berusaha memberikan tekanan yang lebih kuat di awal babak kedua.

Memasuki babak kedua, para pemain timnas Indonesia tetap unggul penguasaan bola tapi kerap kebingungan dalam melancarkan serangan. Belum ada satu peluang pun pada 15 menit babak kedua.

Vietnam juga beberapa kali mengancam gawang Riyandi melalui serangan-serangan balik cepat. Lini pertahanan tim arahan Indra Sjafri pun harus bekerja ekstra untuk membendung serangan balik Garuda Nusantara.

Memasuki 15 sisa laga, Vietnam semakin merapatkan barisan pertahanan sembari mengandalkan serangan balik. Namun, Indonesia juga enggan terlalu masuk ke dalam pertahanan lawannya itu untuk menghindari risiko serangan balik The Golden Star.

Memasuki menit ke-74, Indonesia menciptakan peluang melalui kaki Firza Andika. Tendangannya masih melambung tinggi di atas gawang Vietnam.

Permainan sabar Indonesia dalam menyerang berbuah hasil manis pada menit ke-81. Striker Garuda Nusantara Rafly Mursalim mampu membobol gawang Vietnam.

Ia memanfaatkan bola pantulan tendangan Rivaldo Ferre yang membentur mistar. Aksi pemain asal Papua ini pun patut diacungi jempol karena keberanian dan kemampuan individunya dalam membongkar pertahanan Vietnam sehingga menciptakan peluang emas untuk Rafly.

Tertinggal 0-1 membuat Vietnam semakin gencar melancarkan serangan demi serangan ke pertahanan Indonesia.

Kondisi itu membuat pertahanan Indonesia tertekan. Namun, upaya Vietnam tak berbuah hasil dan Indonesia menang 1-0 sekaligus memastikan tiket semifinal Piala AFF U-19 2018.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga