Transaksi Kliring di Sulsel Meningkat 3,6 Persen

40
  • 6
    Shares
Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi BI Sulsel, Amanlison Sembiring. (Foto/Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nilai transaksi kliring, terkhusus kliring kredit (transfer dana) pada Mei 2018 mengalami peningkatan 3,6 persen dari bulan sebelumnya menjadi Rp 2,6 triliun.

Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang Rupiah dan Satuan Layanan Administrasi BI Sulsel, Amanlison Sembiring transaksi non tunai membenarkan hal tersebut.

“Mei 2018, transaksi kliring baik nilai maupun volume mengalami peningkatan. Tercacat, dari bulan yang sama tahun sebelumnya meningkat sebesar 14,6 persen,” kata Amanlison belum lama ini.

Hal tersebut sejalan dengan peningkatan warkat, kata Amanlison dari bulan sebelumnya sebesar 0,9 persen. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya meningkat 12,3 persen menjadi 54.129 lembar.

Transaksi Kliring di Sulsel Meningkat 3,6 Persen 1

Ia menilai peningkatan transaksi kliring tersebut mengidentifikasi aktivitas ekonomi di Sulsel yang terus menunjukkan peningkatan.

Sementara, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi mengatakan hal serupa bahwa masyarakat Sulsel telah banyak memanfaatkan industri jasa keuangan.

“Pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap manfaat dari industri jasa keuangan mulai meningkat. Hal tersebut dicerminkan banyaknya masyarakat yang mulai menggunakan transaksi online tanpa menggunakan uang tunai,” ujarnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Kink Kusuma Rein

Transaksi Kliring di Sulsel Meningkat 3,6 Persen 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga