Dishub Sulsel Bakal Evaluasi Kapal Penyeberangan Daerah

52
  • 1
    Share
KM Lestari Maju yang terbalik di perairan Selayar. (IST)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel bakal melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi transportasi laut di Sulsel. Hal ini menyusul tragedi KM Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono menerima laporan bahwa kapal yang berangkat dari Pelabuhan Bira itu ternyata merupakan kapal tua dan rusak sehingga sudah tidak layak beroperasi.

“Iya akan ada evaluasi. Kepala UPTD di sana itu, sudah mengeluarkan pernyataan meminta dilakukan evaluasi menyeluruh tiap operator yang beroperasi saat ini di Bira,” kata Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Arafah Palu, Minggu (8/7/2018).

Hanya saja, ia belum bisa merinci model evaluasi yang akan dilakukan. Pasalnya, hal tersebut merupakan kewenangan dari Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sendiri meminta harus ada peningkatan level of service di mana keselamatan penumpang harus menjadi nomor satu.

“Evaluasi dari Kemenhub karena beliau yang punya kecakapan untuk melakukan evaluasi, seperti kelayakannya untuk digunakan, pokoknya menyeluruh,” imbuhnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya