DPD PSI Barru Dukung Syarat Perempuan Tiap Dapil

142
  • 13
    Shares
Ketua DPD PSI Barru, April Birwandi (Sulselsatu/Asriadi Rijal)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, BARRU – Pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Barru tengah mempersiapkan diri dalam pendaftaran calon legislatif 2019 yang saat ini pendaftarannya telah terbuka di Kantor KPU.

Ketua DPC PSI Barru, April Birwandi mengatakan saat ini partainya tengah mempersiapkan segala pemberkasan syarat dalam pemenuhan pendaftaran caleg di KPU nantinya.

“Persiapan saat ini semua caleg masih mengurus berkas syarat untuk kami bawa ke KPU nantinya. Insya Allah sebelum penutupan, kami target tanggal 13,” kata April kepada Sulselsatu.com, Ahad (8/7/2018).

Dalam syarat KPU yang mengharuskan pemenuhan kuota perempuan tiap dapil, menurutnya PSI dari awal sangat mendukung penuh akan syarat tersebut. Syarat 30 persen keterwakilan perempuan sudah adil dalam pesta demokrasi saat ini.

“Tiga puluh persen perempuan, sebenarnya PSI sudah mendukung dari awalnya terbentuk partai ini jadi kalau masalah bahwa itu bisa jadi beban, sudah kami atasi dari awal masa pembentukan partai,” ujarnya.

Bahkan kata April, selama ini keterwakilan perempuan di dewan masih sangat minim adanya, sehingga aturan ini sangat membuka ruang bagi kaum perempuan untuk maju sebagai wakil rakyat.

“Ini menunjukan keadilan bahwa bukan harus laki-laki yang bertarung penuh untuk menjadi wakil rakyat apalagi di Barru keterpenuhan wakil rakyat yang mewakili kaum perempuan juga itu masih di bawah standar. Kami sangat mendukung aturan ini,” lanjut April.

Sebelumnya, Divisi Tekhnis dan Logistik KPU Barru, Masdar menuturkan jika pelaksanaan pendaftaran dan regulasi yang menyangkut hal ini semua tercantum dalam aturan PKPU No 20 Tahun 2018 dari Pasal 4 hingga Pasal 15 dari semua ayat di dalamnya.

“Kami jelaskan kembali jika 30 persen keterwakilan perempuan di setiap dapil itu wajib hukumnya partai politik memenuhi, karena Barru punya 5 dapil maka semua harus punya keterwakilan perempuan,” paparnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru buka masa pendaftaran calon legislatif 2019 mulai tanggal 4-17 Juli 2018 di kantor KPU Barru Jalan H.A. Iskandar Unru.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Kink Kusuma Rein