Hebat! Mahasiswa FT UNM Ciptakan Robot Penangkap Teripang

496
  • 853
    Shares
Img 20180709 Wa0037
Robot penangkap teripang yang diciptakan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) UNM. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan sebuah robot yang didesain untuk menangkap teripang di dasar laut.

Ide pembuatan robot ini, berawal dari keikutsertaan Maulana Maninnori Nawirma serta dua timnya yakni, Andi Alpian A.Mushar dan Sulhaeni, dalam Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti.

Setelah melalui tahap monitoring dan evaluasi (Monev) eksternal di Menara Pinisi UNM, Rabu (5/7/2018), uji coba pun akan segera dilakukan.

“Uji coba di kolam atau sungai. Sebelum nantinya diujicobakan di Pulau Barang Lompo,” kata Maulana, Senin (9/7/2018).

Mereka menamai proyeknya “The Cumber, Robot Penangkap Teripang Guna Meminimalisir Korban Pada Nelayan Penangkap Teripang”.

Menurut Maulana, robot tersebut merupakan tipe robot yang bisa dikendalikan dengan smartphone dan laptop, yang juga dilengakapi kamera yang bisa memonitoring keadaan di bawah laut.

“The Cumber, Robot Penangkap Teripang bekerja di dalam air (Underwater robot) yang menggunakan system Remotely Operated Vehicle (ROV) dimana bisa dikendalikan langsung oleh nelayan dari kapal nelayan dengan bantuan perangkat kendali (remote kontrol) dalam pengoperasiannya, terdapat pula kamera dan senter yang berfungsi untuk memonitoring atau melihat keadaan di bawah laut yang disambungkan langsung ke smartphone atau laptop,” tambahnya.

Model rancangannya menggunakan ROV. Dibangun dari beberapa komponen penting, yaitu Arduino Mega 2560, controler, kamera CCD, senter LED, koil/elektromagnetik, Driver Motor H-bridge MOSFET, motor DC, motor brushless, electric speed control (ESC) serta jaring.

Hingga saat ini, Maulana dan rekannya sedang melakukan tahap evaluasi guna untuk mengevaluasi robot buatannya. “Masih dalam proses uji cobanya karena masih mengevaluasi kekurangan dari robot teripang,” pungkasnya.

Penulis: Uje Jaelani
Editor: Hendra Wijaya