Jadi Tersangka, Ini Sejumlah Kelalaian Pemilik KM Lestari Maju

Kabid Humas
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani bersama Direktur Dit Reskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono saat merilis tersangka baru kasus karamnya KM Lestari Maju. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel hari ini merilis penetapan satu tersangka baru kasus KM Lestari Maju yang karam di Perairan Selayar. Tersangka baru tidak lain sang pemilik KM Lestari Maju, Hendra Yuwono.

Rilis sendiri digelar langsung oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani dan Direktur Dit Reskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan Wibisono di Aula Dit Reskrimsus Polda Sulsel, Rabu (11/7/2018).

Dicky mengatakan, ada sejumlah temuan kelalaian oleh sang pemilik kapal sehingga ditetapkan sebagai tersangka.

“Kelalaiannya sudah jelas, peran dari Hendra Yuwono ini dia tidak mengajukan kembali dokumen keselamatan (kapal) yang sudah kedaluwarsa,” ujar Dicky.

Dokumen kapal milik tersangka sendiri sudah kadaluwarsa sejak 1 tahun yang lalu.

Selain dokumen keselamatan yang tidak diperbaharui, kelalaian fatal lainnya karena tersangka mempekerjakan nahkoda kapal tanpa ada sertifikat kompetensi, termasuk sejumlah awak kapal yang masih terus diperiksa.

Sebagaimana pasal 303 dan pasal 117 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran pelaku diancam 5 tahun kurungan penjara.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan