Mudah Lelah, Ini 5 Makanan Sebagai Sumber Energi

110

SULSELSATU.com, JAKARTA – Apakah Anda termasuk orang yang mudah mengalami gejala 5L? Letih, lelah, lesu, lemah dan lunglai?

Jika “ya” dan sudah mencoba sejumlah obat namun masih saja mengalami hal serupa. Mungkin Anda perlu melirik cara berikut, karena tak semua obat mampu mengatasi keluhan yang dirasakan.

Anda bisa mencoba memecahkan masalah ini dengan mengonsumsi makanan-makanan pilihan.

Sejumlah makanan ini punya asupan baik bagi tubuh, terutama untuk menghilangkan serta mencegah kelelahan saat beraktivitas.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Kamis (12/7/2018), berikut 5 makanan sumber energi yang bisa atasi kelelahan:

1. Pisang
Pisang kaya akan kalium yang dibutuhkan tubuh kita untuk mengubah gula menjadi energi. Pisang juga kaya akan berbagai nutrisi penting termasuk vitamin B, C, asam lemak omega-6, asam lemak omega-3, karbohidrat, dan serat.

Asupan ini mampu mengalahkan dehidrasi dan jenis kelelahan lainnya. Selanjutnya, gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa juga terkandung dalam pisang dan mampu memberikan dorongan energi.

2. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan yang pas untuk menghilangkan rasa lelah. Oatmeal kaya akan karbohidrat yang dapat disimpan dalam tubuh Anda sebagai glikogen sepanjang hari.

Makanan berbahan dasar gandum untuh ini punya kandungan bermanfaat dalam tubuh seperti magnesium, protein, vitamin B1 dan fosfor.

Oatmeal juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda karena kandungan seratnya yang tinggi. Anda cukup makan semangkuk oatmeal saat sarapan dan rasakan manfaatnya.

3. Bayam
Bayam juga tergolong dalam jenis makanan penangkal kelelahan. Sayuran ini kaya akan zat besi yang membantu darah Anda dalam mengirimkan oksigen ke sel-sel tubuh Anda.

Selain itu, dengan mengonsumsi bayam dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi dan melawan kelelahan serta gejala lainnya.

4. Biji Labu
Biji labu adalah camilan sempurna untuk melawan kelelahan. Buah ini punya kandungan protein berkualitas tinggi. Mulai dari vitamin B1, B2, B5, B6, asam lemak omega-3, dan mineral seperti fosfor, magnesium dan mangan.

Nutrisi ini bekerja untuk menghasilkan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu melawan setiap gejala kelelahan.

Selain itu, kehadiran triptofan dalam biji labu membantu Anda tidur lebih baik dan membantu Anda mengatasi kelelahan emosional.

5. Yoghurt
Yoghurt mengandung sejumlah protein, probiotik usus yang sehat, dan karbohidrat yang dapat dengan mudah membantu Anda melawan kelelahan.

Bahkan, tubuh Anda dapat memproses yoghurt lebih cepat dibandingkan dengan makanan padat lainnya.

Probiotik yang ada dalam yoghurt juga dapat membantu meringankan gangguan kelelahan kronis. Anda bisa makan kapan pun Anda mau.

Pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 1 cangkir yoghurt (bebas lemak) setiap hari.

Jika tak suka hanya mengonsumsi yoghurt, Anda dapat menambahkan beberapa kacang atau buah pilihan, atau dijadikan smoothie yoghurt.

Editor: Agung Hidayat

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Sempat Tak Diunggulkan Survei, APT Kini Ancaman Cicu di DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 di...

RMS Ancam Pecat Kader NasDem yang Curang dalam Pileg

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPW Partai NasDem Sulsel, Rusdi...

Duo Amran Komit Dukung Pendidikan Berkualitas Bagi Putra-Putri Wajo

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo diwakili Wakil Bupati Wajo...

Baca Juga