Kunjungan Wisman ke Sulsel Menurun, PHRI Minta Hotel Kreatif

28
  • 1
    Share
Lima Rahasia Di Kamar Hotel Yang Kita Harus Tahu
Ilustrasi (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sulsel melalui pintu masuk Makassar mengalami penurunan. Hal tersebut menjadi masalah tersendiri bagi bisnis perhotelan.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga menuturkan, saat ini manajemen hotel harus berpikir kreatif untuk menghadapi pasar.

“Manajemen hotel harus bertindak kreatif agar mampu bertahan di tengah maraknya hotel yang kelebihan kamar. Selain itu, harga yang ditawarkan seharusnya sesuai dengan mekanisme pasar,” kata Anggiat, Jumat (13/7/2018).

Data dari BPS Sulsel menyebutkan bahwa jumlah wisman yang datang melalui pintu masuk Makassar Mei 2018 hanya 659 kunjungan. Kunjungan tersebut turun 38,53 persen dibanding April yang sebesar 1.072

Tidak hanya itu, lama tamu menginap selama Mei 2018 baik asing maupun domestik juga menurun 0,04 hari. Dimana, lama tamu menginap April 2018 yaitu 1,86 hari menjadi 1,82 hari.

Hotel, menurut Anggiat harus membuat planing untuk perbanyak promosi. Memberikan inovasi berupa promo kamar. Harus ada sales trip bersama dan membuat exhibition kecil-kecil yang dilakukan bersama.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya

Iklan stie Amkop

Baca Juga