Berkas Perkara Abu Tours Dilimpahkan ke Kejati Sulsel

46
  • 5
    Shares

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berkas perkara tersangka kasus penipuan, penggelapan dan pencucian uang puluhan ribu jemah umrah Abu Tours telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin membenarkan hal itu.

Pelimpahan berkas ini dilakukan usai penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel menetapkan dua tersangka baru yaitu istri CEO Abu Tours Nusyariah Mansyur, dan seorang komisaris Khaerudin. Sementara berkas perkara CEO Abu Tours Hamzah Mamba dan Direktur Keuangan Abu Tours Kasim Mamba juga telah diserahkan.

“Ada lima berkas semua yang diserahkan ke Kejati Sulsel hari ini. Satu berkas khusus hasil petunjuk jaksa. Namun saat ini semua berkas itu masih sedang diteliti,” kata Salahuddin, Jumat (13/7/2018).

Selanjutnya berkas perkara Abu Tours akan diteliti oleh jaksa dengan memeriksa apakah berkas ini sudah lengkap atau masih ada yang harus dilengkapi. Jika memang harus dilengkapi, maka berkas akan dikembalikan ke tim penyidik kepolisian.

Sebelumnya diberitakan, istri Hamzah Mamba yang menjabat komisaris di PT Amanah Bersama Ummat. Penetapan tersangka itu dilakukan setelah menelusuri dan ditemukan adanya aliran dana dari rekening penampungan uang jemaah Abu Tours mengalir ke ke rekening tersangka.

Sedang Khaeruddin memiliki peran yang sama dengan istri Hamzah. Khaeruddin sebagai pengendali keuangan dalam setiap pembayaran. Dia juga terbukti mengalirkan dana jemaah ke rekening pribadinya untuk keperluan pribadi.

Para tersangka melanggar pasal tindak pidana penggelapan pasal 374 sub 372 KUHP jo pasal 55 ke 1 KUHPidana, jo pasal 64 ayat (1) KUHPidana dan atau pasal 5 UU RI No 8 tahun 2010 tentang pencegahan da pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Berkas Perkara Abu Tours Dilimpahkan ke Kejati Sulsel 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga