Kementan Bakal Bina Kelompok Tani di Makassar

119
  • 2
    Shares
Kementerian Pertanian, menyerahkan 15 unit alat pertanian kepada 15 kelompok tani yang ada di Makassar, Selasa (14/11/2017). (IST)
iklan-sulselsatu-sumarsono

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kementerian Pertanian RI memilih Kota Makassar sebagai penerima bantuan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPRL).

Program KPRL merupakan program pertanian dari Kementan, berupa pembinaan kelompok tani untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang kurang produktif, menjadi lahan produktif bagi warga.

Koordinator KPRL Kota Makassar Agus Suwarsono mengatakan, untuk tahap pertama program tersebut akan menyasar kelompok tani perempuan.

“Untuk sementara kita pilih empat kelompok tani yaitu KPRL Kelurahan Tanjung Merdeka, Kelurahan Bangkala, Kelurahan Kapasa Raya dan Kelurahan Pisang Selatan,” ujar Agus.

Adapun jenis tanaman yang akan ditanam oleh kelompok tani binaan, adalah berbagai jenis sayuran yang bisa menunjangan ketahanan pangan masyarakat serta dapat dipasarkan di pasar-pasar baik tradisional maupun modern.

“Jadi KPRL nanti melakukan pembinaan, mulai dari cara pembibitan, mengolah tanah dengan mencampur pupuk, memelihara, pemindahan bibit, hingga panen,” ucap Agus.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan