Juara Dunia, Jokowi Perintahkan Menteri PUPR untuk Renovasi Rumah Zohri

131
  • 3
    Shares
Muhammad Zohri
Muhammad Zohri (IST)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri, atlet Indonesia yang meraih emas di nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia U-20.

“Untuk prestasi yang diraih Zohri, saya telah memerintah Menteri PU dan Perumahan Rakyat merenovasi rumah Zohri di Lombok,” kata Jokowi yang dikutip dari CNN Indonesia.

Zohri adalah atlet pertama Indonesia dalam sejarah yang meraih emas nomor bergengsi di kejuaraan dunia. Nomor ini biasanya dikuasai oleh para pelari dari Amerika Serika, Jamaika, atau negara-negara Afrika.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, atlet muda itu tinggal di kawasan Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

“Prestasi Zohri tentu sangat membanggakan kita semua bangsa Indonesia. Terlebih lagi dapat terlihat bagaimana Zohri tidak diperhitungkan sama sekali,” kata Jokowi.

Zohri sendiri akan diundang ke Istana Negara sebagaimana atlet-atlet lain yang mencatatkan prestasi di level internasional.

“Iya nanti (diundang). Mungkin Senin. Tapi yang pagi tadi saya perintahkan ke Menteri PU iti sebagai ungkapan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Kemenangan Zohri menjadi sejarah bagi dunia atletik Indonesia dan kejuaraan atlet U-20 karena ini menjadi hasil terbaik yang pernah didapat pelari Indonesia.

Catatan waktu Zohri juga hanya berbeda 0,01 detik dari perolehan waktu terbaik pelari Indonesia di nomor 100 meter yang dimiliki Suryo Agung Wibowo di Asia Tenggara.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan kemenangan Zohri ini menjadi modal baginya dan Indonesia bertarung dalam Asian Games 2018 bulan depan.

Editor: Febriansyah