Cegah Hoaks, WhatsApp Resmi Perkenalkan Fitur Terbaru

45
  • 1
    Share
Whatsapp
Cegah Hoaks, WhatsApp Resmi Perkenalkan Fitur Terbaru 1

SULSELSATU.com, JAKARTA – Aplikasi pesan instan WhatsApp resmi memperkenalkan fitur baru yang akan membantu pengguna mengetahui asal pesan yang diterimanya. Untuk pertama kalinya, WhatsApp memberikan tanda pada pesan terusan.

Untuk mendapatkan fungsi ini, pengguna ponsel Android maupun iPhone harus update WhatsApp ke versi terbaru.

Pembaruan ini memang terlihat kecil dibandingkan fitur lain yang pernah ditambahkan, namun ini berpotensi memberikan perbedaan besar dalam cara pengguna mengirim informasi. Dengan ini pengguna bisa menghindari berita palsu atau hoaks.

Dalam blog resminya, WhatsApp mengklaim sangat peduli dengan keselamatan pengguna. Mereka ingin mengendalikan penyebaran berita palsu yang bisa berdampak buruk bagi penggunanya.

“Kami mendorong Anda untuk berpikir sebelum membagikan pesan yang diteruskan. Sebagai pengingat, Anda dapat melaporkan spam atau memblokir kontak dalam satu ketukan dan selalu dapat menjangkau WhatsApp langsung untuk meminta bantuan,” tulis WhatsApp.

Pembaruan ini merupakan salah satu langkah serius WhatsApp dalam memerangi penyebaran berita palsu yang kian marak dan berbahaya. Perusahaan juga dikabarkan akan membaya peneliti untuk mempelajari bagaimana penyebaran berita palsu di aplikasinya.

Hal tersebut dilakukan setelah pemerintah India mengkritik layanan WhatsApp atas perannya dalam menyebarkan informasi palsu di negaranya. Bahkan informasi palsu di WhatsApp mengakibatkan terjadinya serangkaian kasus kekerasan yang mematikan di India.

Editor: Agung Hidayat

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga