Wakili Barru di Lomba Tingkat Provinsi, Ini Keunggulan Desa Anabanua

516
  • 181
    Shares
Desa Anabanua
Bupati Barru, Suardi Saleh turut serta mendampingi tim penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Kamis (19/7/2018). (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Bupati Barru, Suardi Saleh turut serta mendampingi tim penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Kamis (19/7/2018).

Dari pantauan Sulselsatu.com, tim penilai Lomba Desa dipimpin Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan Mustari Soba bersama dengan Bupati Barru Suardi Saleh, Kejari Barru Paian Tumanggor, Kapolres Barru AKBP Burhaman, Ketua DPRD Barru A. Nurhudaya Aksa dan Ketua Pengadilan Negeri Barru.

Pada kesempatan tersebut, Suardi menyebut jika Desa Anabanua memang punya kapasitas dalam mengikuti lomba tersebut.

“Kami yakini dari awal Desa Anabanua bisa menjadi perwakilan Barru dalam mengikuti lomba tersebut, dan kami rasa tanda-tanda juara sudah terlihat di Desa Anabanua ini,” kata Suardi sambil tersenyum.

Ia juga mengemukakan alasannya menjadikan Desa Anabanua sebagai perwakilan Barru.
Berdasarkan penilaian Pemkab, desa ini memiliki inovasi, sektor kesehatan bebas buang air, dan adanya pelayanan desa sehat yang berpusat di kantor desa. Di samping itu, hal yang paling utama adalah adanya budaya gotong royong masyarakat.

“Saya rasa seluruh desa yang ada di Kabupaten Barru harus mencontohi apa yang ada di Desa Anabanua saat ini. Kegotongroyongan masyarakatnya, kedispilinan para pegawai yang menggunakan sistem absen sidik jari, bahkan selain memiliki potensi lokal juga didukung oleh pembiayaan dengan APBD Rp 2,2 M berjalan sesuai harapan,” kata Suardi.

Desa Anabanua saat ini mempunyai pemerintahan yang mendorong adanya kemandirian desa dan ikut memajukan peningkatan kreatifitas produksi kehidupan masyarakatnya.

“Kita melihat penggunaan anggaran desa saat ini berjalan sesuai harapan. Pembangunan untuk peningkatan masyarakat seperti pembangunan irigasi menjadi patokan utama dalam pembangunan di desa ini sehingga apa yang menjadi harapan Bapak Presiden dalam membangun desa betul-betul terwujud di desa ini. Itu yang kami harapkan untuk desa lain,” jelas Suardi.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Awang Darmawan