Wabup Lutim Promosikan Peluang Investasi di Kedutaan Italia

29
  • 4
    Shares
Promosi Italia

SULSELSATU.com, JAKARTA – Promosi potensi dan peluang investasi sedang giat-giatnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, hal ini kembali terlihat saat Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengunjungi Kedutaan Besar Italia di Jakarta Pusat (19/07/2018).

Kedatangan Wakil Bupati dan rombongan diterima langsung Dubes Besar Italia Alessandro Garbellini.

Orang nomor dua di Kabupaten Luwu Timur mengekspos peluang investasi dihadapan Duta Besar Italia Alesandro. Ekspos disajikan dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Dalam ekspose ini, Irwan memaparkan segala potensi yang dimiliki daerah yang dipimpinnya, mulai dari Pertambangan, Perkebunan, Pertanian, Tanaman Pangan dan Palawija, Perikanan dan Kelautan serta Pariwisata.

Disamping hal tersebut diatas, Irwan juga menambahkan bahwa, saat ini Kabupaten Luwu Timur mengembangkan kawasan industri Terpadu Malili (Kimal) yakni Kawasan Agroindustri dan Kawasan Industri yang letaknya sangat strategis di Desa Pasi-Pasi dan Desa Harapan Kecamatan Malili sesuai RT-RW Kabupaten.

Selain memaparkan potensi investasi di beberapa sektor, Wakil Bupati juga memaparkan posisi strategis dikarenakan berbatasan dengan 2 Provinsi yaitu Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, Kabupaten Luwu Timur juga berbatasan dengan laut Teluk Bone.

Ia mengatakan, Kabupaten Luwu Timur memiliki potensi kekayaan alam yang menjadi anugerah yang hampir tidak dimiliki oleh daerah lain di tanah air.

Potensi kekayaan alamnya terdiri dari empat dimensi, yakni pegunungan yang menyimpan potensi tambang, hasil hutan dan perkebunan, dataran rendah sebagai sumber pangan, laut menyimpan potensi perikanan dan pariwisata serta danau yang juga menyimpan potensi sumber daya perikanan dan pariwisata.

“Dengan banyaknya peluang investasi ini, jadi sangat wajar bila Luwu Timur disebut sebagai daerah dengan sejuta potensi sumber daya alam untuk menjadi tujuan investasi,” ujar Irwan dalam paparannya.

Pada akhir paparan, Irwan berharap pihak kedutaan Italia dapat membantu mempromosikan potensi dan peluang investasi Kabupaten Luwu Timur.

“Harapan kami, pihak kedutaan dapat waktu berkunjung ke daerah kami dan melihat langsung potensi daerah kami dan bisa berinvestasi untuk jangka panjang,” harap Irwan.

Dari hasil paparan Irwan mendapat respons baik dari Duta Besar Italia Alesandro. Ia mengatakan, ada beberapa poin yang bisa dikerjasamakan, diantaranya sektor pertambangan, Pabrik CPO yang menurutnya orang-orangnya mempunyai skill di bidang tersebut, sektor pertanian khususnya Kakao.

Tak hanya itu pihaknya juga tertarik dengan sektor Pariwisata karena saat ini mereka sedang berinvestasi di Danau Poso.

Semantara Plt. Kepala DPMPTSP Kabupaten Luwu Timur, Andi Habil Unru yang turut mendampingi Irwan menjelaskan, bahwa langkah yang dilakukan tersebut sebagai bagian dari keseriusan Pemerintah Luwu Timur dalam menggaet investor.

Guna mendukung kemudahan berinvestasi di Luwu Timur, pihaknya telah membuat regulasi serta berbagai kebijakan dalam memudahkan untuk berinvestasi bagi para investor terus dilakukan antara lain, pelayanan perizinan yang terintegrasi terpadu satu pintu yang dilaksanakan secara online.

Selain Plt. Kepala DPMPTSP turut mendampingi Wakil Bupati, Ketua Kadin Luwu Timur, Hasan Basri, Direktur BUMD Bumi Timur Agro, Reinaldi Sugihen, Kabid Penanaman Modal DPMPTSP, Abd. Wahid R. Sangka.

Di akhir acara, Irwan berkesempatan memberikan cinderamata berupa souvenir yang berisikan lada kepada Dubes Besar Italia Alessandro Garbellinia.

Selain di Kantor Kedutaan Besar Italia, rombongan rencananya juga akan mengunjungi Kedutaan Besar Jerman dan Kedutaan Besar Kanada.

Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga