Ekonomi Sulsel Membaik, Jumlah Pengangguran Justru Meningkat

44
  • 2
    Shares
Bappenas, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Pusat Pengembangan Keahlian, Skil Development Centre, Badan Nasional Sertifikat Profesi (BNSP), Sumarna F Abdurahman, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Dinas Tenaga Kerja Makassar, Disnaker, Kepala Disnaker Makassar, Andi Irwan Bangsawan
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Angka pengangguran di Sulsel mengalami peningkatan. Hal tersebut dirilis BPS dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah Sulsel Triwulan II TA 2018 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis, (19/07/2018).

Pengangguran ini berdasarkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) yang menembus 5,39 persen periode Februari 2018. Sedangkan TPT di Sulsel pada periode yang sama tahun 2017 lalu hanya 4,77 persen.

Angka tersebut cukup kontras mengingat pertumbuhan ekonomi Sulsel yang tumbuh dari 7,23 persen menjadi 7,41 persen ternyata tidak mampu mengurangi angka pengangguran.

Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mengatakan, meningkatnya angka pengangguran di Sulsel merupakan fenomena yang sementara. Hal itu dikarenakan masih ada proyek di lapangan yang belum berjalan.

“Kalau sudah semua proyek dan fisik lelang dijalankan dengan baik maka fenomena itu akan berkurang. Jadi fenomena ini karena sifatnya sementara,” kata Sumarsono.

Oleh karena itu, ia menginstruksikan kepala seluruh OPD dan kepala daerah agar mempercepat realisasi fisik anggaran pengerjam proyek.

“Tidak usah menunggu gubernur atau bupati definitif. Semua pemerintahan harus jalan sebagaimana schedulenya. Saya kira semua yang bisa dikerjakan sekarang supaya persoalan pengangguran bisa diatasi segera,” katanya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Ekonomi Sulsel Membaik, Jumlah Pengangguran Justru Meningkat 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga