Trump Undang Putin ke Amerika Serikat

16
  • 3
    Shares
Donald Putin
Donald Trump dan Vladmir Putin (int)

SULSELSATU.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan telah mengirim undangan kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk berkunjung ke Washington DC pada musim gugur mendatang.

Dijelaskan oleh juru bicara resmi Gedung Putih, Sarah Sanders, pembahasan tentang undangan tersebut sudah mulai berlangsung.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari BBC pada Jumat (20/7/2018), kedua pemimpin mengadakan pertemuan puncak di Finlandia pada Senin 16 Juli, dengan hanya sedikit rincian yang dikemukakan ke publik, di mana dinilai oleh banyak pengamat sebagai hal “mudah ditebak”.

Namun, kontroversi telah menyeruak di KTT Helsinki, di mana Donald Trump justru menunjukkan dukungan terkait bantahan Rusia pada tuduhan campur tangan dalam pemilu presiden AS 2016.

Presiden Trump juga mengatakan di hadapan media pada Kamis, 19 Juli 2018, bahwa pertemuannya dengan Putin “berjalan sukses”, dan ia mengaku tidak sabar menantikan pertemuan kedua negara selanjutnya.

Di sisi lain, Direktur Intelijen Nasional AS, Dan Coats, disebut terkejut mendengar kabar tentang undangan Trump kepada Putin.

Dalam sesi wawancara di Forum Keamanan Aspen di negara bagian Colorado, Dan Coats menanggapi kabar terkait dengan tertawa, dan berkata: “Saya pikir itu akan menjadi (hal) istimewa.”

Ditambahkan oleh Coats, bahwa dirinya belum tahu secara keseluruhan, apa yang dibahas oleh Donald Trump dan Vladimir Putin dalam pertemuan bilateral pertama mereka di Helsinki.

Sementara itu, pemimpin Senat Demokrat AS, Chuck Schumer, meminta Presiden Trump segera membeberkan apa yang telah ia diskusikan dengan Putin.

“Sampai kami tahu apa yang terjadi pada pertemuan dua jam di Helsinki, presiden seharusnya tidak lagi memiliki interaksi satu lawan satu dengan Putin. Di Amerika Serikat, di Rusia, atau di mana pun,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Editor : Febriansyah

Trump Undang Putin ke Amerika Serikat 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga