Desa Anabanua Wakili Barru Lomba Desa Tingkat Provinsi

74
20180719 104739
Bupati Barru Suardi Saleh mendampingi tim penilai di Desa Anabanua. Desa Anabanua mewakili Barru pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Desa Anabanua mewakili Kabupaten Barru pada lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Desa Anabanua, Faharuddin mengatakan, sangat berterima kasih atas amanah dan tanggung jawab yang diberikan oleh Pemkab Barru sehingga Desa Anabanua bisa mewakili Barru dalam lomba desa ini.

“Tentu seluruh masyarakat Anabanua menyambut baik seluruh tim penilai di desa kami ini, Desa Anabanua sendiri terbagi dalam empat Dusun yaitu Dusun Banga-Banga, Daccipong, Gellengnge dan Dusun Allejjang. Segala indikator penilaian insha Allah desa kami siap untuk dinilai,” kata Faharuddin di hadapan tim penilai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Mustari Soba sangat mengapresiasi atas sambutan yang diberikan olehnya, hingga saat ini Desa Anabanua dinilai baik.

“Untuk saat ini, Desa Anabanua kami lihat bagus. Sekarang sisa menunggu tim penilai dari memberikan poin penilaian,” kata Mustari.

Mustari menyebut, ada delapan indokator penilaian dalam mengikuti lomba desa ini, yakni Aspek tata kelola pemerintahan desa, Aspek kewilayahan, aspek ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Kemudian aspek partisipasi masyarakat dan lembaga kemasyarakatan, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek keamanan dan ketertiban dan aspek pembinaan kesejahteraan keluarga.

“Tapi kedelapan indokator ini tidak menutup aspek lain untuk dinilai, misalnya adanya inovasi desa itu yang menjadi poin tertinggi dalam lomba tersebut. Jika desa memiliki inovasi tentu harus berpatokan pada aturan desa atay berupa SK yang bersifat mengikat, karena setiap inovasi desa harus punya Perdes karena ini yang paling tinggi nilainya,” ujar Mustari.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Berita Terkini

Surya Paloh Imbau Warga Maksimalkan Hak Pilihnya

SULSELSATU.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengimbau...

PDAM Parepare Butuh Rp30 Juta untuk Suplai Air ke Pegunungan, Tetapi

SULSELSATU.com, PAREPARE - Menanggapi krisis air di Kota Parepare,...

ABM Makin Kencang di Toraja, Banyak Komunitas Alihkan Dukungan

SULSELSATU.com, TORAJA - Dukungan sejumlah komunitas di Toraja, termasuk...

Baca Juga