Facebook dan Instagram Bakal Blokir Pengguna Berusia di Bawah 13 Tahun

34
  • 2
    Shares
Face Ins
Ilustrasi. (INT)
Facebook dan Instagram Bakal Blokir Pengguna Berusia di Bawah 13 Tahun 1

SULSELSATU.com – Facebook dan Istagram terus mendapat kritikan soal aturan mereka yang membatasi usia penggunanya yang kurang dari 13 tahun, tetapi dalam praktiknya aturan tersebut belum sepenuhnya diterapkan.

Melansir Engadget, Jumat (20/7) Facebook akhirnya menunjukkan sikap tegasnya untuk menghalau segala kiritikan yang datang kepada platform media sosial besutan Mark Zuckerberg ini. Facebook dikabarkan akan lebih proaktif soal kebijakannya tersebut.

Kedepannya, Facebook benar-benar akan menindak pengguna di bawah umur dengan bantuan para reviewer yang berkompeten. Ketika para reviewer menemukan akun yang dimiliki anak usia di bawah 13 tahun dengan alasan apa pun, mereka berhak untuk memblokir akun tersebut.
“Kami harus memiliki bukti bahwa orang tersebut di bawah umur, kalau tidak, kami berpura-pura buta dan tidak tahu bahwa pengguna tersebut di bawah 13 tahun,” tuturnya seorang reviewer.

Kini, juru bicara Facebook mengonfirmasi, perusahaan bakal mengubah pelatihan reviewer mereka untuk lebih menegakkan kebijakan soal usia di platform Facebook dan Instagram.

Hal ini tidak berarti Facebook akan memperluas perburuan pengguna di bawah umur, tetapi para reviewer tidak boleh lagi abai dan pura-pura buta saat menemukan adanya pengguna di bawah 13 tahun yang terjaring karena laporan dalam bentuk apapun.

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memang melarang anak di bawah 13 tahun menjadi pengguna.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Privasi dan Perlindungan Anak di Dunia Maya yang mempersyaratkan persetujuan orangtua untuk mengumpulkan data terkait anak-anaknya.

Tentunya, hal ini cukup bertolak belakang dengan upaya Facebook yang beberapa waktu lalu menciptakan sebuah aplikasi Messengers khusus anak-anak.

Bila akun yang diblokir tadi bisa membuktikan bahwa usia mereka sudah 13 tahun atau lebih tua, mereka bisa membuka akun kembali. Bukti yang diminta adalah identitas resmi yang menyatakan bahwa usia mereka sudah laik untuk memiliki akun Facebook.

Sementara itu, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ketertarikan pada media sosial Facebook tampaknya semakin menurun di kalangan populasi yang lebih muda, di saat yang sama pengguna Instagram di kalangan tersebut kian meningkat.

Editor : Febriansyah

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga