Innalillah, JCH Asal Gowa Meninggal Dunia di Arab Saudi

67
  • 1
    Share
Ilustrasi (INT)
SULSELSATU.com, GOWA – Kabar duka datang dari salah satu Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Gowa yang tergabung dalam kloter 5 embarkasi Makassar. 
 
JCH yang bernama Hadia Daeng Samming ini meninggal dunia di Klinik Bandara Madinah, Jumat (20/7/2018) sekitar pukul 15.04 Waktu Arab Saudi. 
 
Dilansir dari website Kemenag.go.id Informasi meninggalnya salah satu JCH ini diperoleh dari laporan petugas haji Indonesia yang bertugas di Bandara Madinah, Muhammad Syarif kepada salah satu panitia penyelenggara ibadah haji embarkasi Makassar.
 
Hadia Daeng Samming, dinyatakan meninggal oleh dokter yang menanganinya dr. Fadila, karena mengalami sesak nafas sekitar 2-3 jam sebelum mendarat. 
 
Karena mengalami sesak nafas, tim dokter kemudian memberikan penanganan berupa oksigenasi, dan pemberian obat oral serta inhalan. 
 
Tak lama setelah diberi penanganan, kondisi pasien membaik, sehingga menolak menerima terapi oksigen meskipun telah kami tekankan untuk dipertahankan. 
 
Hadia Daeng Samming kemudian menolak untuk diinfus dan menolak diangkut memakai mobil khusus untuk pasien pengguna kursi roda setelah turun dari pesawat. 
 
Sehingga salah satu TKHI perawat mendampingi jemaah tersebut untuk turun dari pesawat. Pada saat mengantri untuk imigrasi, pasien pingsan lalu dibawa ke klinik bandara. Di klinik bandara pasien asistole (henti jantung). Lalu dilakukan CPR namun tidak berhasil dan pasien dinyatakan meninggal dunia. 
 
Ketua Kloter 5 UPG, H Faried Wajedi, mengungkapkan wanita yang lahir tahun 1945 tersebut meninggal dunia diakibatkan gagal napas karena penyakit paru obstruktif kronik. 
 
“Sempat diberi pertolongan pertama O2 di pesawat. Sesaat setelah mendarat, sempat diberi tindakan CPR (Resusitasi Jantung Paru/RJP) di klinik bandara sebelum menghembuskan nafas terakhir,” ungkapnya. 
 
Jenazah Hadia Daeng Saming kemudian dibawa ke Rumah Sakit Arab Saudi sekitar pukul 17.00 WAS, dengan menggunakan mobil jenazah untuk proses lebih lanjut.
 
Penulis: Reni
Editor: Kink Kusuma Rein

Rekomendasi Berita

Baca Juga