Makassar Masuk 10 Kota Pariwisata Terbaik di Indonesia

82
  • 21
    Shares
Pesta perayaan malam tahun baru di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu (31/12/2017). (Sulselsatu.com/Mohammad Nias Syarif)
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar kembali meraih penghargaan di bidang pariwisata.
 
Ajang Yokatta Wonderful Award menobatkan Kota Makassar sebagai Top 10 kota terbaik nasional sebagai kota Pariwisata.
 
Masuknya Makassar sebagai salah satu dari 10 kota pariwisata terbaik dinilai dari kinerja usaha pariwisata (akomodasi dan makan minum), PDRB dan tenaga kerja serta dampak/outcome (Data Statistik BPS) dengan bobot 40 persen. 
 
Selanjutnya, Indeks Pariwisata Indonesia. Ketiga, Indonesia Attractiveness Award (dimensi pariwisata 15 persen) dan keempat, penghargaan international dan nasional (Kementerian/Lembaga) 15 persen. 
 
“Kita meraih dua penghargaan. Pertama, kita masuk 10 besar untuk Kota terbaik pariwisatanya secara nasional. Dan kita mendapatkan penghargaan untuk  kota terbaik di Sulsel. Sebagai daerah tujuan wisata. Potensi wisata yang ditawarkan Makassar memang sangat beragam. Mulai dari wisata sejarah, bahari, budaya, kuliner, dan pendidikan,” ujar Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.
 
Selain itu, Danny mengatakan, Kota Makassar saat ini telah didukung fasilitas kepariwisataan yang nyaman. Sekitar 200 lebih hotel telah tersedia di Makassar untuk menunjang penginapan wisatawan.
 
“Pariwisata Makassar juga didukung dengan berkembangnya Industri kreatif yang mencapai 3.113 pelaku komunitas. Mereka berkreasi di 430an industri kreatif Makassar. Berbarengan dengan itu juga, kita telah kembangkan desa wisata Lakkang, dan kampung budaya Paropo. Serta masuknya event akbar F8 pada agenda kalender  nasional,” ucap Danny.

Penulis: Mawar A Pasakai
Editor: Kink Kusuma Rein
Makassar Masuk 10 Kota Pariwisata Terbaik di Indonesia 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga