Gempa 5,5 SR Guncang Padang, 1 Warga Tewas Tertimpa Bangunan

66
  • 2
    Shares
Ilustrasi (INT)

SULSELSATU.com, PADANG – Warga Padang, Sumatera Barat dihebohkan oleh guncangan gempa berkekuatan 5,5 skala Richter (SR), Sabtu (21/7/2018) siang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa dirasakan dalam skala V MMI di daerah Gunung Talang. Artinya, getaran dirasakan hampir semua penduduk, membuat tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, serta bandul lonceng dapat berhenti.

Gempa terjadi hari ini, Sabtu (21/7/2018), pada pukul 14.58 WIB. Pusat gempa ada di darat arah 9 km bagian tenggara Padang. Pusat gempa itu ada di kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa juga turut dirasakan di Kota Padang, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Bukittinggi, Sawahlunto, dan Sijunjung. Getaran yang dirasakan di daerah tersebut mencapai II-IV MMI.

Akibat peristiwa ini, satu orang warga dilaporkan tewas tertimpa reruntuhan bangunan. Korban diketahui bernama Bustami, 65 tahun. Korban merupakan warga Dusun Rawang Jorong Lubuk Lasiah, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

“Korban sedang istirahat siang di kamarnya. Tiba-tiba terjadi gempa. Dinding kamarnya roboh dan menimpa kepalanya,” ujar staff Wali Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Yafriyati seperti dikutip dari langkan.id.

Editor: Awang Darmawan

Terpopuler