Ratusan Bacaleg di Barru Tidak Memenuhi Syarat

568
  • 1
    Share
Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru menetapkan 241 bacaleg yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam kelengkapan administrasi berkas pencalonan anggota DPRD pada Pileg 2019.

Daftar tersebut telah diserahkan kepada 14 partai yang telah melakukan pendaftaran untuk selanjutnya berikan masa perbaikan kelengkapan berkas.

“Hari ini kita telah menyerahkan hasil verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal calon anggota DPRD kepada 14 partai yang telah melakukan pendaftaran untuk selanjutnya dilakukan perbaikan kembali,” kata Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar kepada Sulselsatu.com, Sabtu (21/7/2018).

Masdar menambahkan, jumlah Bacaleg dari 14 partai yang mendaftar sebanyak 303 orang dan ditetapkan 241 TMS dan 62 bacaleg yang Memenuhi Syarat (MS).

“Di antara keseluruhan partai, enam partai di antaranya secara keseluruhan bacalegnya dikatakan TMS yakni Partai Hanura, Demokrat, Gerindra, PKS, PBB dan PSI,” ujarnya.

Ia mengemukakan, jika bacaleg yang TMS rata-rata tidak melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan, tidak melampirkan surat pengunduran diri bagi ASN, daftar sebagai pemilih tidak terkoneksi dengan alamat yang tercantum di KTP. Misalnya, ketika terdaftar sebagai pemilih di Makassar, maka KTP harus beralamat Makassar dan ini kebanyakan yang tidak sinkron.

“Dan nama ijazah yang tidak sesuai dengan nama di KTP elektronik maka sesuai aturan KPU, KPU sendiri yang akan melakukan verifikasi ke sekolah atau instansi kampus untuk menyesuaikan nama KTP dengan sesuai nama ijazah,” terangnya.

Selanjutnya, kata Masdar, semua partai yang tidak TMS akan diberikan masa waktu hingga tanggal 31 Juli untuk memperbaiki dan melengkapi berkas yang belum lengkap.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Awang Darmawan

Ratusan Bacaleg di Barru Tidak Memenuhi Syarat 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga