Maros Kembali Sabet Penghargaan Kabupaten Layak Anak

64
  • 1
    Share
Img 20180721 Wa0007
Kabupaten Maros kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA). (IST)

SULSELSATU.com, MAROS – Kabupaten Maros kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Penghargaan tersebut dijadwalkan akan diterima Bupati Maros di Surabaya, Senin 23 Juli mendatang berdasarkan Surat Menteri PPPA RI Nomor : B-940/KPP PA/Dep.IV/TKA.01.02/07/2018.

“Penghargaan KLA ini merupakan yang pertama kali diterima Kabupaten Maros yang telah dilaksanakan KPPPA RI sejak Tahun 2011,” kata Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Muhammad Idrus saat dihubungi sulselsatu.com. Sabtu, (21/7/2018)

Ia menjelaskan untuk mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak, Maros telah memenuhi 5 kluster mulai dari Kelembagaan, Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, serta Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya.

Selain itu, menurutnya, Kabupaten Maros juga telah memenuhi 24 indikator yang telah melalui tahap evaluasi mulai dari evaluasi administrasi dengan penginputan melalui aplikasi berbasis website. Kemudian lolos tahap administrasi dilakukan verifikasi lapangan oleh tim independen yang melihat langsung kondisi lapangan sesuai hasil evaluasi administrasi.

“Dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, Dinas PPPA Maros telah mengembangkan layanan masyarakat untuk perlindungan terhadap perempuan dan anak dengan layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) serta mendorong Sekolah Ramah Anak dan Puskesmas Ramah Anak,” tutupnya.

Sementara Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam mengatakan, Kabupaten Maros telah memiliki Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang KLA yang merupakan Perda Inisiatif DPRD.

“Semua instansi yang tergabung dalam Gugus Tugas KLA memiliki peran masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, keterpaduan program semua instansi dan pelaksanaan sangat menentukan terwujudnya KLA,” katanya.

Menurutnya, prestasi ini diraih atas komitmen dan kerjasama berbagai pihak dimana peran lembaga masyarakat, dunia usaha, media dan forum anak sangat mendukung terwujudnya Kabupaten Maros menjadi KLA.

Penulis: Indra Sadli Pratama
Editor: Awang Darmawan