Berkunjung ke Tana Toraja, Sumarsono Kagum dengan Kerukunan Umat Beragama

62
  • 1
    Share
Img 20180720 Wa0074
SULSELSATU.com, TANA TORAJA – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tana Toraja, Pj Gubernur Sulsel Sumarsono membahas persoalan umat beragama bersama pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tana Toraja dan Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanaye.
 
Pertemuan ini berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja, Jum’at malam (20/07/2018).
 
“Saya berterima kasih pada tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat yang ada di Tana Toraja ini,” kata Soni Sumarsono. 
 
Dalam kehidupan beragama, dia mengatakan bahwa setiap umat bergama tidak melihat perbedaan tetapi persamaan. Setiap warga masyarakat yang ada butuh perhatian pemimpin dan pemerintahnya, agar tidak merasa minoritas.
 
“Karena itulah Indonesia. Karena itu kita tarik sumber Pancasila,” sebutnya. 
 
Sumarsono juga menyampaikan, merupakan bentuk mimpi yang terwujud bisa menginjakkan kaki ke Toraja. 
 
“Ini mimpi bisa injakkan kaki di Toraja dan berhasil, sebagai Dirjen Otda harusnya sudah ke Toraja. Sejak 45 tahun lalu saya ada film Toraja, di situ digambarkan alamnya indah dan berbhinneka tunggal ika yang luar bisa, kapan saya ke sana ya?,” ucapnya. 
 
Sementara, Pdt Sulaiman Manguleng dari Gereja Toraja mengatakan sebagai umat dilibatkan pada berbagai aspek pembangunan. 
 
“Pemerintah juga melibatkan mereka dalam kegiatan merawat kebhinnekaan dan kami di Toraja siap menjunjung persatuan dan kebersamaan,” ujarnya. 
 
Ketua MUI Tana Toraja, Zainal Muttakin, mengatakan perbedaan yang ada menjadi sebuah rahmat. Sementara itu, Pastor Carolus Patampang, menyebutkan Nico sebagai Bupati Tana Toraja mengayomi umat beragama dengan baik. 
 
“Beliau juga memiliki perhatian terutama dalam pengembangan kearifan lokal yang kami miliki, sudah ada sejak zaman nenek moyang kita,” paparnya.
 
Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Kink Kusuma Rein

Rekomendasi Berita

Baca Juga