Sumarsono: Toraja Utara Terbaik Kedua Daerah Otonomi Baru Paling Maju

106
  • 1
    Share
Img 20180721 Wa0030

SULSELSATU.com, TORAJA UTARA – Pj Gubernur Sulsel yang juga merupakan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sumarsono menyebutkan, Kabupaten Toraja Utara adalah kabupaten pemekaran kedua termaju dan berhasil.

“Rangking ke dua dari segi kemajuan dan keberhasilannya, itulah Toraja Utara,” kata Sumarsono, dalam perayaan HUT ke-10 Toraja Utara, Sabtu, (21/07/2018).

Sebelum menjabat Dirjen Otonomi Daerah, ia menjabat sebagai Direktur Pemekaran Otonomi Daerah. Karenanya ia memahami betul perkembangan daerah yang melakukan pemekaran dari daerah induknya. Torut sendiri mekar dari Tana Toraja (Tator).

Dia menjelaskan tidak semua daerah baru pemekaran bisa berkembang dengan baik. Bahkan ada daerah otonomi baru (DOB) harus kembali ke daerah induknya karena mati sebelum berkembang atau tidak dapat berkembang baik. Saat ini terdapat 105 daerah otonomi baru yang dievaluasi.

“Torut hanya kalah dari Kabupaten Bandung Barat, karena jarak, akses dan sebagainya (dari pusat pemerintahan). Tapi nomor dua dari sekian ratus yang berkembang itu sudah luar biasa melihat kondisi daerah ini, karena banyak daerah yang tidak berkembang dan kita skenario bergabun dengan daerah induknya,” katanya.

Torut sendiri dengan daerah induknya Tator berkembang dengan proporsional.

Bupati Torut Kalatiku Paembonan, menyampaikan dalam usianya 10 tahun berkembang dengan baik. Pemekaran yang ada juga dinilai bermanfaat.

“Pemekaran di Toraja Utara betul-betul bermanfaat, melalui serangkaian langkah perubahan terutama peningkatan pelayanan rakyat,” sebutnya.

Pemekaran ini bermanfaat mengembangkan potensi 21 kecamatan, 111 lembang/desa di Torut.

Di bawah kepemimpinanya, Torut mendapat predikat laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian tiga kali berturut-turut.

“Pemekeran terbaik kedua setelah Bandung Barat, dan Tangerang Selatan di nomor tiga,” jelasnya.

Tahun lalu berdasarkan, hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap daerah otonom pembentukan 2007-2009 memperlihatkan, empat daerah meraih nilai sangat tinggi dilakukan berdasarkan sepuluh kriteria.

Ke empat daerah yang meraih nilai sangat tinggi masing-masing Kabupaten Bandung Barat dengan skor 3.2589. Kemudian Toraja Utara skor 3.0728, Tangerang Selatan skor 3.0338 dan Kota Sungai Penuh skor 3.0242.

Diketahui, pada tahun 2008, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat itu, Mardiyanto meresmikan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, di Rantepao, Rabu, 26 Nopember 2008. Pada saat yang sama, Mendagri juga melantik Drs YS Dalipang sebagai Penjabat (Pjs) Bupati Toraja Utara, berdasarkan Surat Keputusan Mendagri No 131.73-849 Tahun 2008 tertanggal 5 November 2008.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga