Perjuangkan Akses Udara ke Toraja, Soni Akan Surati Menhub

32
  • 1
    Share
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)
SULSELSATU.com , TORAJA UTARA – Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono akan melayangkan surat kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang jalur penerbangan ke Toraja.
 
Hal itu diucapkannya pada puncak peringatan HUT ke-10 Kabupaten Toraja Utara di Lapangan Bakti, Minggu (22/7/2018).
 
“Sepulang dari Toraja, satu menit saat sampai di Makassar, saya akan bersurat resmi kepada Menteri Perhubungan,” kata Soni.
 
Selama ini, wisatawan yang hendak mengeksplor keindahan Toraja harus menempuh jalur darat kurang lebih 300 km dari Kota Makassar dengan jarak tempuh sekitar 8 jam.
 
Adapun jalur terdekat bagi wisatawan adalah dengan menggunakan pesawat ke Bandara Bua, Kabupaten Luwu. Lalu, menggunakan jalur darat selama 2 jam ke Toraja. 
 
Menurut Soni, Menhub Budi Karya Sumadi yang telah dihubungi via telepon telah memberikan respon positif untuk menindaklanjuti permintaannya agar membuka akses penerbangan ke Toraja.
 
“Jawabannya, akan kita tindak lanjuti dalam waktu dekat ini. Itu statement dari bapak Menteri Perhubungan. Saya yakin itu akan dilaksanakan,” ujar Soni. 
 
Meski demikian, Soni tetap akan bersurat secara resmi sebagai Gubernur Sulsel ke Menhub agar dalam waktu dekat, penerbangan ke Toraja dibuka. 
 
Suurat resmi ini kemudian akan segera dikirim ke Jakarta begitu ia tiba di Makassar. Ia mengatakan tidak ingin berlama-lama untuk pengurusan penerbangan Makassar-Toraja. 
 
Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Kink Kusuma Rein