Tak Disangka! Ternyata Bir Bisa Dijadikan Sampo

47
  • 2
    Shares
Bir
Ilustrasi Bir (int)

SULSELSATU.com – Bir yang selama ini dikenal sebagai minuman beralkohol ternyata juga bisa digunakan sebagai sampo. Bahkan hasil yang didapat bisa lebih maksimal ketimbang menggunakan sampo biasa.

Seperti dilansir laman Boldsky, bir bertindak sebagai pembersih dan membuat rambut tampak lebih berkilau. Tak hanya itu, rambut juga menjadi lebih mudah diatur dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Berikut beberapa kelebihan dari bir yang membuatnya bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan rambut Anda.

1. Mengandung Nutrisi Penting
Bir mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang merangsang pertumbuhan rambut. Selain silika, bir juga mengandung tembaga, fosfor, besi, magnesium, dan vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut.

2. Kondisioner yang Bagus
Bir juga dapat bertindak sebagai kondisioner. Kandungan di dalamnya dapat membuat rambut halus dan bervolume. Hal ini disebabkan oleh kandungan silika yang memiliki peran besar dalam meningkatkan volume rambut. Selain itu silika juga dapat meningkatkan kilau dan kualitas rambut.

3. Mencegah Rambut Lepek
Bir dapat menyerap minyak berlebih, karena memiliki pH asam. Hal ini dapat membantu menyingkirkan kulit kepala yang berminyak yang membuat rambut Anda menjadi lepek.

4. Mengusir ketombe
Kandungan alkohol dalam bir membuatnya bertindak sebagai pembersih yang alami. Selain meninggalkan Anda dengan kulit kepala yang sehat, minuman beralkohol ini juga dapat mengusir ketombe dan rasa gatal di kepala.

5. Menguatkan Helai Rambut
Protein dan vitamin B di dalam bir membantu memperkuat helai rambut. Rambut Anda pun menjadi bebas rontok setelah menerapkan sampo bir ini. Tak hanya itu, gula maltosa dan sukrosa dalam bir juga berfungsi mengencangkan kutikula rambut agar tampak berkilauan.

6. Melindungi Rambut dari Paparan Sinar UV
Keramas menggunakan bir juga dapat melindungi rambut dari polusi dan sinar UV matahari. Nah untuk mendapatkan semua manfaat ini Anda hanya perlu merebus bir selama 15 menit untuk menurunkan kadar alkoholnya. Diamkan hingga dingin lalu siramkan ke rambut Anda layaknya berkeramas. Selamat mencoba.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga