Teh Hitam Indonesia Raih Penghargaan di Paris

36
  • 2
    Shares
Teh Hitam
Teh Hitam (int)

SULSELSATU.com – Agency for The Valorization of Agricultural Products (AVPA) yang berdomisili di Paris, Prancis memberikan penghargaan kepada salah satu produk teh lokal dengan brand Bankitwangi asal Cianjur. Penghargaan “AVPA Gourmet Product 2018” tersebut diberikan langsung oleh Presiden AVPA Philippe Juglar. Teh yang diproduksi oleh PT Bukitsari itu memenangkan penghargaan karena rasanya yang dinilai beraroma khas.

Bankitwangi yang termasuk dalam kategori teh hitam ini mendapatkan penghargaan setelah mengikuti ajang kompetisi internasional AVPA bertajuk “Tea’s of The World yang diikuti oleh 113 peserta dari 15 negara. Dengan proses penjurian yang sangat ketat, terpilihlah 53 peserta yang berhak mendapatkan penghargaan Gourmet Product Paris 2018.

“Black Tea yang dibawa oleh PT Bukitsari seakan-akan membawa kami dalam sebuah perjalanan yang panjang berkat aroma spicy dan aroma kayunya. Teksturnya pun kuat, tanpa mendominasi keseluruhan rasanya yang original,” ujar Penanggungjawab kompetisi Gourmet Tea’s of The World Laurent Pascault, yang dikutip dari Kumparan.

Dalam kompetisi tersebut terdapat sembilan kategori yang ditandingkan yaitu Green tea, White tea, Oolong Clear, Darjeeling, Oolong Moyen, Oolong Oriental Beauty, Oolong Dark, Black Tea, dan No Category. Dengan syarat produk teh dan kopi sudah siap dikonsumsi atau sudah di roasted dari negara asalnya, serta bukan barang komoditas sehingga lebih mahal nilai jualnya. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor. Rasa yang dimiliki haruslah original dan berpotensi untuk bersaing di pasar Eropa.

Selain mengadakan kompetisi untuk produk teh, AVPA bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan dan Internasional Coffee Organization (ICO) akan menyelenggarakan kompetisi “Roasted Coffee in the Country of Origin” pada September mendatang. Produsen teh dan kopi yang memenangkan kompetisi ini berhak mendapatkan sertifikat dan label “Gourmet Paris” yang bisa ditempelkan langsung pada kemasan. Label yang diberikan dapat membantu mendapatkan pengakuan dari Paris sehingga memudahkan pemasaran di dalam maupun luar negeri.

Keuntungan lain yang diraih para pemenang dalam kompetisi Gourmet ini adalah produk mereka dapat langsung di-endorse oleh kafe, restoran dan akademi kuliner untuk dipromosikan langsung ke konsumen di berbagai kota di Prancis. Manager AVPA France untuk Indonesia Annelis Putri, mengharapkan akan semakin banyaknya produk-produk Indonesia yang mengikuti kompetisi Gourmet International ini, agar produk Indonesia terutama teh dan kopi Tanah Air juga semakin dikenal di Eropa.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga