Terkendala Anggaran, Pemprov Rencana Gandeng Swasta Pada Pembangunan Stadion Barombong

  • 6
    Shares
Progres pembangunan Stadion Barombong. (Sulselsatu/Ashrawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel bernecana menggandeng swasta untuk lanjutan pembangunan Stadion Barombong.

Pasalnya sejauh ini, bantuan sebesar Rp9 miliar dari Kemenpora ditunda hingga tahun depan dengan alasan rasionalisasi anggaran Asian Games 2018.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulsel, Sri Endang Sukarsih mengatakan, memang ada aturan yang mengatur tentang kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam pembangunan proyek infrastruktur.

Img20180723093237

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Sri Endang Sukarsi bahas peluang gandeng swasta pada pembangunan Stadion Barombong pada konfrensi pers di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/7/2018). (Sulselsatu/Ashrawi Muin)

Kendati begitu, ia enggan bahwa Pemprov disebut-disebut tak mampu membiayai pembangunan stadion yang digadang-gadang bakal menjadi yang terbaik di Indonesia timur itu.

“Sebenarnya sudah ada aturan main tentang bagaimana berkolaborasi antara dana dari pihak pemerintah maupun dari swasta. Persoalan kesanggupan atau tidak, dilihat dari proporsional anggaran,” kata Endang dalam Humas Coffee Morning, di Phinisi Press Room Kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/7/2018).

Menurutnya, melibatkan pihak swasta memang perlu dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan anggaran. Apalagi, Stadion Barombong dirancang untuk menjadi stadion internasional sehingga membutuhkan sarana penunjang lainnya selain lapangan sepak bola.

“Melibatkan swasta itu perlu dilakukan di samping peraturan yang mengarahkan. Di satu sisi, ada namanya keterbatasan anggaran. Tapi persyaratannya belum bisa dipenuhi. Bukan hanya stadion yang mau dibangun, tapi ada sarana penunjang,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya