Penguatan Dollar Tekan Penerimaan Pajak

  • 1
    Share
Ilustrasi Dolar AS. (Sulselsatu/Moh. Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rendahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar diprediksi akan makin mempersulit kalangan pengusaha. Kondisi ini dinilai bakal berdampak terhadap penerimaan pajak pemerintah.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, Latunreng. Ia menggambarkan bahwa dampak kenaikan dolar secara jangka pendek akan membuat transaksi pengusaha mengalami kesulitan. Karena, beberapa bahan baku pengusaha berasal dari impor.

“Contohnya saja usaha perumahan. Material seperti besi-besi yang dibutuhkan perumahan itu ada beberapa diimpor dari luar. Tidak semua bahan yang dibutuhkan ada di Indonesia,” kata Latunreng yang juga merupakan pengusaha properti tersebut, Senin (23/7/2018).

Jika itu terus terjadi, kata Latunreng, akan merugikan pemerintah berupa penerimaan pajak karena pengusaha mengalami kesulitan dalam bertransaksi. Transaksi yang dilakukan pengusaha menjadi sumbangan terhadap pajak.

“Dalam keadaan inilah pemerintah harus kuat dan peka serta mampu menjaga PDRB agar masalah tersebut dapat diinjeksi. Harus merespon secara cepat jika terjadi penguatan rupiah seperti halnya saat penguatan dolar,” jelasnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan