Amankan Asian Games, Tim Jibom Polda Sulsel Bawa Robot Canggih

106
  • 1
    Share
Robot Vanguard
Robot canggih yang akan ikut dibawa tim Jibom Gegana Brimob Polda Sulsel untuk mengamankan Asian Games. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Satuan Brimob Polda Sulsel mempersiapkan tim Jibom Gegana di Mako Brimob Pabaeng-baeng, Jalan Sultan Alauddin, Senin (23/7/2018).

Diketahui, persiapan tim Jibom Gegana Polda Sulsel tersebut dalam rangka pelibatan pada pagelaran Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 mendatang.

Tim Jibom yang akan dikirim tersebut sejauh ini hanya satu tim yang berisikan 10 orang, namun akan ditambah menjadi tiga tim jika diperlukan.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Adeni Muhan mengatakan, salah satu peralatan tercanggih yang dipersiapkan bersama tim Jibom adalah robot Vanguard yang memiliki kemampuan mendeteksi dan menjinakkan bom.

“Robot itu dipakai pada saat ada tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kita, atau tempat itu beresiko tinggi tentunya bagi petugas atau masyarakat,” ujar Adeni di Mako Brimob Pabaeng-baeng.

Adeni menambahkan, robot yang baru berusia enam bulan tersebut telah dipakai pada sejumlah insiden di berbagai kota.

“Sudah ke Maros, Gowa, ke Jeneponto sana. Jadi di Polres Gowa kemarin ada kardus yang mencurigakan, pada saat dibuka memang ada kabel, tapi itu main-main. Jadi pelakunya sudah ketangkap, anak SMA,” pungkasnya.

Selain robot Vanguard, pada dasarnya tim Jibom Gegana Polda Sulsel yang dikirim untuk membantu mengamankan Asian Games tersebut memiliki lima kemampuan umum. Kemampuan mereka adalah kemampuan penjinak, deteksi, proteksi, pendukung serta disposal alias penyelesaian.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga