Musim Haji, Pedagang Musiman Menjamur

28
  • 1
    Share
Img20180722163716
Warga sekitar Asrama Haji Sudiang dan pedagang musiman membuka lapak seiring datangnya musim haji. (Sulselsatu/Ashrawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para pedagang musiman mulai menggelar lapak di luar Kompleks Asrama Haji Sudiang untuk mengais rezeki seiring datangnya musim haji.

Warga setempat tak menyia-nyiakan kesempatan yang hanya datang setahun sekali ini. Mereka bahkan ada yang rela tidak pulang ke rumah demi melayani pembeli.

Berbagai macam perlengkapan haji terlihat dipajang di lapak, mulai dari kaos kaki, baju putih, topi, hingga selendang renda yang biasanya digunakan haji wanita ketika baru pulang dari Tanah Suci.

Salah satu pedagang, Musdalifah mengatakan, memang selalu memanfaatkan momentum ini setiap tahunnya. Di luar musim haji, ia akan kembali ke aktivitas biasanya.

“Setiap tahun saya jual perlengkapan haji. Kalau sudah mi, saya kembali lagi jadi ibu rumah tangga,” tutur Musdalifah, Minggu (22/7/2018).

Pedagang lainnya, Muliati memang merupakan warga yang tinggal di Jalan Asrama Haji, Sudiang. Ia baru pertama kali membuka lapak perlengkapan haji. Sehari-harinya ia juga seorang ibu rumah tangga.

Dia mengaku, barang yang ia jual bukanlah milik pribadinya, melainkan mililk orang lain yang ia bantu jual. Meski begitu, ia belum bisa memberi tahu berapa keuntungan yang ia dapatkan.

“Ya belum ditahu, karena kan baru beberapa hari ini,” pungkasnya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Musim Haji, Pedagang Musiman Menjamur 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga