Pemprov Setujui Revisi Lahan Jalur Kereta Api di Barru

137
  • 1
    Share
Pejabat sementara Bupati Bone Andi Bakti Haruni (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rencana revisi penetapan lokasi (panlok) lahan Kereta Api (KA) yang sebelumnya ditetapkan melalui SK gubernur di Kabupaten Barru sudah disetujui Pemprov Sulsel.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan Sulsel, Andi Bakti Haruni mengatakan, rencana revisi lahan KA yang diusulkan sudah masuk dan sedang dirampungkan.

Menurutnya, revisi yang diajukan adalah lahan yang sebelumnya telah disetujui oleh gubernur dalam dokumen perencanaan pertama. Namun, dalam pelaksanaan di lapangan ada perubahan yang terjadi yaitu di Desa Pancana dan Lasitae yang terletak di Kecamatan Tanate Rilau.

“Ada sekitar 7 hektar, ini bukan kelebihan lahan. Namun setelah dalam tahap pelaksanaannya, untuk keselamatan trase karena melewati bukit maka harus melebar konstruksinya. Karena di khawatirkan akan menganggu keselamatan nantinya,” kata Andi Bakti.

Dia menambahkan, sebelumnya dalam verifikasi yang dilakukan untuk bukit yang dilalui tidak termasuk dalam perhitungan. Namun, ketika berada di lapangan ternyata pihak dari KA merasa kurang aman.

Karenanya, dalam tahap persiapan ada yang diubah.

“Semua sedang diproses tidak ada lagi masalah, ada dua desa yang dilalui jalur rel KA yang dilakukan revisi untuk penetapan lokasi. Ini lebih karena faktor geografis. Tim sudah meninjau langsung bersama BPN, tim T4D Kejaksaan Barru dan Biro Hukum. Kalau sudah ditetapkan maka tahapan pembayaran akan dilakukan,” ujarnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan