Tenri dan Thita Bertarung Rebut Kursi di Senayan, Siapa Jago?

  • 9
    Shares
Tenri Thita
Tenri Olle Yasin Limpo dan Indira Chunda Thita SYL. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perebutan kursi di Senayan untuk daerah pemilihan Sulawesi Selatan pada Pileg 2019 dipastikan berlangsung seru.

Khusus di Dapil Sulsel 1, meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar, pertarungan klan Yasin Limpo bakal diuji.

Partai NasDem, mencalonkan Tenri Olle Yasin Limpo sebagai bacalegnya. Tidak hanya itu, putri Gubernur Sulsel dua periode Syahruk Yasin Limpo, Indira Chunda Thita juga dicalonkan partai yang berslogan gerakan perubahan tersebut.

Lalu, mampukah Tenri dan Thita merebut kursi di Senayan di tengah ketatnya kompetisi?

Pengamat politik asal Universitas Muhammadiyah, Luhur A Prianto mengatakan, keduanya bisa duduk jika kinerja seluruh caleg NasDem bekerja.

“Bisa saja, tergantung pergerakan semua Caleg NasDem di Dapil itu,” kata Luhur, Senin (23/7/2010).

Luhur menambahkan, rivalitas di internal klan politik Yasin Limpo sudah sering terjadi. Keluarga politik YL sudah berpengalaman dalam berkontestasi. Baik di Pilkada maupun di Pileg.

“Di Pileg 2014, klan YL bisa meloloskan Dewi YL dan Titha SYL di Senayan. Meskipun sekarang, tentu situasinya berbeda pasca SYL sebagai Sulsel 1,” katanya.

Pasca SYL tak lagi menjabat gubernur, maka kekuatan tradisional, yang selama ini bergerak untuk kepentingan SYL seperti Partai Golkar, ormas dan infrastruktur birokrasi semakin terdegradasi dukungannya.

“Jejaring politik YL tentu akan beririsan dalam membagi dukungan. Keuntungannya adalah basis suara YL tidak lagi terfragmentasi pada beberapa partai, tetapi bisa menumpuk di Partai NasDem,” tutup Wakil Dekan Fisip Unismuh itu.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan