Kabel PLTB Tolo I Jeneponto Seharga Rp150 Juta Raib Digasak Maling

151
  • 1
    Share
Img 20180723 Wa0028
Koordinator K3 dan Sekurity PT ALE, Hafiz Al Attas melaporkan pencurian kabel di lokasi PLTB Tolo I di Polres Jeneponto, Senin (23/7/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Koodinator K3 dan Sekurity PT Abnormal Lifting Engineering (ALE), Hafiz Al Attas (35) melaporkan pencurian kabel listrik milik PLTB Tolo I di Polres Jeneponto, Senin sore (23/7/2018).

“Kabel instalasi generator untuk menghidupkan turbin itu kabel listriknya dipotong, kejadiannya hari Jumat kemarin,” kata Hafiz Al Attas usai memberikan keterangan di Mapolres Jeneponto.

Namun, kata Hafiz, pagi tadi pekerja proyek itu mendapat kabar dari petani bahwa ditemukan potongan kabel di sekitar area persawahan warga yang tidak jauh dari tiang pancang turbin.

“Jadi hari jumat kemarin itu kita terhambat aktivitasnta karena tidak ada daya arus listrik. Tapi pagi tadi kita dapat laporan dari petani bahwasanya ditemukan potongan kabel di lahan sawah mereka,” ujarnya

Pencurian itu, terjadi di dua titik pemasangan Wind Turbin Generator (WTG) proyek PLTB Tolo 1.

“Ada dua titik yang diputus kabelnya, panjang kabelnya itu sekitar 20 sampai 30-an meter,” katanya.

Kerugian yang dialami PT ALE akibat kejadian ini mencapai ratusan juta rupiah. “Harganya itu kita estimasi sekitar Rp150 jutaan karena kabelnya itu tidak bisa disambung, belinya harus satu lempeng,” ucapnya.

Penulis: Dedi
Editor: Hendra Wijaya

Terpopuler