Facebook Siap Luncurkan Satelit Athena di Awal 2019

31
  • 1
    Share
Facebook 1
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com – Facebook sedang mengembangkan sebuah satelit berkemampuan pemancar koneksi internet. Informasi ini didapatkan Wired dari Federal Communications Commission (FCC), bahwa perusahaan milik Mark Zuckerberg itu siap meluncurkan satelit bernama Athena di awal 2019.

Dokumen ini mengungkapkan, Athena adalah satelit yang mampu menyediakan akses pita lebar ke daerah terpencil di seluruh dunia.

“Sementara kami tidak bisa membagikan keterangan apapun soal proyek ini, kami percaya teknologi satelit mampu menjadi alat untuk infrastruktur broadband masa depan,” demikian tulis keterangan resmi Facebook.

Sayangnya, belum diketahui teknologi apa yang digunakan Facebook untuk satelit miliknya. Tetapi soal lokasi penempatan, kemungkinan bakal diposisikan di orbit rendah.

Facebook Siap Luncurkan Satelit Athena di Awal 2019 1

Ini bukan pertama kalinya Facebook membuat sebuah proyek untuk memancarkan internet ke seluruh dunia. Pada 2013, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu meluncurkan Internet.org di lebih dari 60 negara.

Facebook juga pernah mengembangkan drone pemancar internet yang bernama Aquila. Belakangan, proyek ini dihentikan.

Selain Facebook, SpaceX juga dikabarkan sedang mengembangkan proyek serupa. Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk itu akan meluncurkan satelit Starlink.

Editor: Febriansyah

Facebook Siap Luncurkan Satelit Athena di Awal 2019 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga