Gelombang Panas Landa Jepang, 44 Orang Tewas

46
  • 1
    Share
Gelombang Panas
Gelombang panas di Jepang (int)

SULSELSATU.com – Puluhan orang tewas di berbagai lokasi di Jepang sementara negara tersebut terus dihantam oleh gelombang panas.

Setidaknya 44 orang tewas sejak 9 Juli lalu, 11 di antaranya kritis pada Sabtu, kata Kyodo News sebagaimana dikutip CNN. Seperti dilaporkan, awal pekan ini suhu di sejumlah kota di bagian tengah Jepang mencapai 40,7 derajat celsius.

Bahkan, di Kota Kyoto, temperatur mencapai 38 derajat celsius selama tujuh hari berturut-turut. Kejadian ini adalah yang pertama kali sejak pencatatan dimulai pada abad ke-19.

Di Tokyo saja, sebagaimana dilaporkan kantor berita Kyodo, panggilan darurat mencapai lebih dari 3.000 kali pada Rabu (18/7/2018).

Gelombang Panas Landa Jepang, 44 Orang Tewas 1

Dari jumlah tersebut, 317 orang yang berusia antara 1 hingga 105 tahun, dibawa ke rumah sakit di Tokyo.

Pemerintah Jepang, khususnya Kementerian Pendidikan, mengimbau masyarakat dan pelajar untuk bersikap waspada dan menghindari kegiatan di luar ruangan.

Imbauan ini dikemukakan setelah seorang pelajar berusia enam tahun di Prefektur Aichi meninggal dunia setelah mengikuti kegiatan belajar di luar kelas, pada Selasa (17/7/2018).

Kemudian, sejumlah siswa SMA di Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi, mengalami gejala kejang akibat terpapar sengatan matahari sehingga harus dibawa ke rumah sakit.

Fenomena gelombang panas ini menambah rumit upaya penyelamatan korban banjir di bagian barat Jepang mengingat banyak relawan beraktivitas di tengah terik matahari.

Lebih dari 200 orang meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang dipicu hujan deras awal bulan ini.

Editor: Febriansyah

Gelombang Panas Landa Jepang, 44 Orang Tewas 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga