Kemensos Genjot Sinergitas Pelaksanaan Bansos Pangan

47
  • 2
    Shares
Bansos Pangan
Direktur PFM pulau-pulau kecil dan perbatasan antar negara, Abdul Hayat Gani. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kementerian Sosial (Kemensos) terus berusaha meningkatkan sinergitas dalam pelaksanaan Bantuan Sosial Pangan Non Tunai (BNPT) dan bantuan Beras Sejahtera (Rastra).

Untuk itu Kemensos RI melalui Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM), pulau-pulau kecil dan perbatasan antar negara menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan BNPT dan Bansos Rastra Wilayah III angkatan II di Lotus Ballroom, Hotel Four Point, Selasa (27/07/2018).

Direktur PFM, Abdul Hayat Gani mengatakan, rapat koordinasi ini lebih berfokus pada evaluasi. Menurutnya, pelaksanaan BNPT dan Bansos Rastra 182 kabupaten kota untuk wilayah III sudah memiliki progres yang baik.

Hanya saja yang perlu dilakukan adalah bagaimana mengefektifkan masukan dari Dinas Sosial setempat.

“Yang kita akan perkuat misalnya bagaimana mengawasi rastra atau BNPT tiba kepada KPM sesuai dengan peruntukannya, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat kualitas,” kata Abdul Hayat.

Menurut Abdul Hayat, selama ini masih banyak beras yang memiliki masalah dalam penanganannya. Karenanya, dia merasa perlu meminta masukan dari pelaksanaan di lapangan untum segera ditindaklanjuti.

Untuk masalah lain yang sering terjadi, ia mengaku belum bisa membeberkan. Sebab hal itu masih dalam proses pembicaraan. Yang jelas, kata dia, akan ada beberapa testimoni dari perwakilan Dinsos provinsi, misalnya Maluku Papua, Papua Barat, dan Sulsel.

“Itu kita akan mendengar dari bawah, seperti apa koordinasi di lapangan, apa yang tidak jalan. Setelah itu, kita dari pusat langsung asistensi ke sana,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Kemensos Genjot Sinergitas Pelaksanaan Bansos Pangan 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga