Lapas Sukamiskin Kembali Ditertibkan Hari Ini

26
  • 2
    Shares
Lapas Sukamiskin
Lapas Sukamiskin (IST)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Petugas gabungan dari berbagai lapas dan rutan yang ada di Jawa Barat kembali menggelar penertiban di Lapas Sukamiskin Bandung. Kali ini, petugas gabungan akan menertibkan saung-saung yang berada di dalam lapas. Saung tersebut disinyalir digunakan para narapidana untuk menerima tamu dan keluarganya.

Sebelum memulai penertiban, pada Selasa (24/7) sekitar 17.20 WIB, puluhan petugas dari beberapa lapas di Jawa Barat ini menggelar apel di gerbang masuk Lapas Sukamiskin.

“Tidak boleh ada suara, tidak boleh mengganggu. Kita lebih banyak diam banyak bekerja, yang penting kita kerja. Kita harus melihat dan menurut pimpinan biar tidak ada kecurigaan. Biar cepat dan aman,” ujar salah satu pemimpin apel.

Usai apel, satu per satu petugas masuk ke dalam lapas. Saat ditanya mengenai tujuan penertiban, pemimpin apel tersebut tidak menjelaskan secara jelas dan langsung masuk ke dalam lapas.
“Merapikan tempat kunjungan,” ujar dia.

Menurut salah satu pedagang yang biasa berjualan di dalam lapas, saat ini tim satgas tengah membongkar saung-saung di dalam lapas. Tidak hanya saung, kantin-kantin yang berada sekitar saung pun ikut dibongkar.

“Kantin Dharma Wanita juga dibongkar. Saya jualan ayam goreng di sana,” ujar seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya.

Saung-saung yang dibongkar tersebut berada di bagian timur Lapas Sukamiskin. Ada puluhan saung yang berdiri di atas lahan seluas setengah lapangan sepak bola itu. Saung-saung tersebut disinyalir sebagai tempat para narapidana menerima tamu atau sekadar bersantai.

Razia yang berlangsung kali ini, bukan pertama kali setelah KPK melakukan OTT di Lapas Sukamiskin.

Sehari setelah Kalapas Sukamiskin Wahid Husen diciduk KPK, Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham sempat merazia barang-barang yang ada dalam sel penjara khusus narapidana kasus korupsi. Sejumlah barang yang seharusnya tidak boleh berada dalam penjara ditemukan dalam pemeriksaan kali itu.

Editor: Agung Hidayat

Lapas Sukamiskin Kembali Ditertibkan Hari Ini 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga